Bupati Lingga Alias Wello Lantik Risalasih Jadi Direktur BUMD Massa Jabatan 2019-2024





PEMKAB LINGGA

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Bupati Lingga resmi melantik Direktur BUMD dari hasil seleksi terbuka yang dilaksanakan pada 2018 lalu, untuk menjabat selama masa periode 2019 hingga 2024, Kamis (18/04/2019). Acara yang digelar di Gedung Nasional Dabo Singkep ini dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Adminis Direktur BUMD yang saat itu juga menjabat sebagai Kepala Bagian Perekonomian di Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sesuai dengan petunjuk dari peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 dan peraturan menteri dalam negeri nomor 37 tahun 2018, maka pada akhir tahun 2018 dilaksanakanlah seleksi terhadap beberapa calon direktur dan komisaris BUMD Kabupaten Lingga yang prosesnya melalui beberapa tahapan tes dan seleksi.

Kemudian beliau menjelaskan, tahapan-tahapan dan seleksi tersebut dimulai dari Seleksi Administrasi, kemudian dilanjutkan dengan Uji Kelayakan dan Kepatutan. Selanjutnya Asesment oleh lembaga profesional, dan proses terakhirnya ialah wawancara oleh Bupati Lingga beserta panitia seleksi dan tim penguji.

“ Setelah melalui serangkaian tes dan wawancara tersebut, maka kita peroleh satu (1) orang Direktur baru yang sudah ditetapkan dan sudah diresmikan dengan pelantikan. Direktur terpilih tersebut adalah Sdr. Risalasih, SP.” kata beliau menjelaskan.

Beliau berharap untuk kedepannya, BUMD ini bisa mengembangkan sayap dan mampu meraih profit lebih besar untuk masa yang akan datang.

Selain itu, beliau juga menghimbau untuk peningkatan kinerja BUMD tersebut, bisa dilakukan beberapa langkah positif, diantaranya :

1. Berkreasi, berinovasi dan melakukan perubahan-perubahan dalam sistem kerja,
2. Melakukan ekspansi usaha,
3. Mampu menjalin hubungan bisnis dan investasi dengan pihak yang ingin berinvestasi di Kabupaten Lingga
4. Melakukan studi banding kepada BUMD-BUMD yang telah eksis dan maju dalam mengelola aset-aset perusahaan.

Namun dalam perjalanannya, beliau mengharapkan agar pihak BUMD untuk selalu berkoordinasi kepada pemerintah daerah dalam semua hal, terutama yang berkaitan dengan rencana kerja. Kemudian tidak lupa meloporkan hasil kerjanya kepada pemerintah daerah sebagai acuan untuk evaluasi kedepan.

“Prospek profit atau keuntungan dari pengelolaan BUMD Kabupaten Lingga PT. Pembangunan Selingsing Mandiri sebenarnya sangat besar sekali, sebab beberapa Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Lingga telah berhasil menciptakan produk-produk lokal dengan kualitas bagus. Jika BUMD mau bekerja sama, maka semua pihak akan mendapatkan keuntungan,” kata beliau memotivasi.

“Saya berharap kepada Direktur PT. Pembangunan Selingsing Mandiri yang baru, mau memposisikan dirinya sebagai seorang pedagang atau pengusaha profesional yang mampu mengelola jenis-jenis usaha kecil, kemudian secara bertahap juga akan bisa mengelola usaha-usaha yang besar.”

Beliau juga sangat antusias dan optimis, dengan adanya modal dari Pemerintah Daerah, maka PT. Pembangunan Selingsing Mandiri akan maju dan berkembang layaknya perusahaan-perusahaan lainnya yang telah berkembang pesat. Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau juga tak lupa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Plt. Direktur PT. Pembangunan Selingsing Mandiri yang lalu, yaitu saudara Badoar Herry atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat.

“Semoga semua usaha yang telah dilakukan selama ini menjadi sebuah dedikasi dan pengabdian sekaligus amal soleh yang mendapat ganjaran dari Allah Ta’ala.”

“Dan kepada direktur BUMD Lingga / PT. Pembangunan Selingsing Mandiri yang baru saya ucapkan “Selamat bekerja dan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” semoga BUMD kedepannya semakin maju dan berkembang serta mampu menggerakakan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Lingga menuju Lingga Terbilang 2020.” Kata beliau mengakhiri sambutannya.

Untuk diketahui bersama, sejak terbentuknya BUMD Kabupaten Lingga, PT. Pembangunan Selingsing Mandiri hingga saat ini, telah melaksanaan berbagai jenis usaha yang mampu memberikan kontribusi posisif baik bagi pemerintah maupun masyarakat. Diantara usaha-usaha tersebut ialah, Jasa travel, Pertamini, Pengolahan Sagu, Peternakan Bebek dan juga usaha Pengelolaan Mie Soun.(mclingga)

Kiriman : Ravi Azhar
Editor : Dedy Suwadha





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA