Kapolda Kepri Pastikan TNI dan Polri akan Menjaga Kotak Seluruh 5.457 TPS se Kepri

Kapolda Kepri Pastikan TNI dan Polri akan Menjaga Kotak Seluruh Kepri





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Apel kesiapan personel dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2019 dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri dan didampingi Kasrem Mewakili Danrem 033/WP Wadanlantamal Mewakili Danlantamal IV Tanjungpinang, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri dan Personil TNI-Polri, Sabtu (13/4/2019).

Dalam sambutan Kapolda Kepri menyampaikan selaku Ka Opsda Operasi Mantab Brata Seligi menyampaikan ucapan Terima Kasih atas kinerja, Dedikasi, prestasi kerja yang diberikan oleh rekan-rekan TNI didalam mendukung pelaksanaan Pemilu sehingga pada saat ini kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Kepri aman, damai dan kondusif.

TNI-Polri adalah institusi yang diberi amanah untuk melaksanakan pengamanan Pemilu tahun 2019, tentunya kita harus patuh dan taat pada ketentuan yang berlaku, mempedomani Undang-undang nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia, Undang-undang nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan berbagai aturan yang mengatur tentang Pemilu sebagaimana diatur didalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 beserta turunannya.

Dalam pelaksanaan pemilu terdapat sebanyak 5.457 (lima ribu empat ratus lima puluh tujuh) TPS ditambah 20 (dua puluh) TPS tambahan berarti secara keseluruhan berjumlah 5.477 (lima ribu empat ratus tujuh puluh tujuh) TPS yang ada. Dengan jumlah pemilih yang ada di wilayah Provinsi Kepri berjumlah 1.229.424 pemilih.

Kemudian didalam mekanisme pengamanan dilapangan tentunya kita merujuk dari indeks kerawanan pemilu yang dikeluarkan oleh Bawaslu. Ada beberapa hal yang menjadi fokus didalam pengamanan, yang pertama masalah sosial politik, masalah penyelenggara Pemilu, tentang hak pilih dan Partisipasi pemilih itu sendiri. Hal ini merupakan sebagai masukkan bagi kita semua dalam rangka pengamanan Pemilu.

” Kenali tugas pokok fungsi dan peranan masing-masing dengan baik, pahami dan implementasikan dengan baik dilapangan, komunikasikan dan koordinasikan dengan baik, perhatikan berbagai aturan yang sudah ditetapkan, baik didalam pengamanan TPS maupun melakukan tindakan lain menurut hukum yang berlaku. Selamat bertugas semoga Allah SWT melindungi kita semua melanjutkan pengabdian dalam pengamanan pemilu tahun 2019,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Revianto.

Paska upacara, Kabid Humas Polda Kepri menjelaskan bahwa Apel Kesiapan untuk pengamanan TPS yang dilaksanakan pada hari ini untuk persiapan pergeseran pasukan khususnya untuk pengamanan TPS.

“Pada Apel kesiapan tadi diikuti sebanyak 1.100 (Seribu seratus) Personel ditambah dari Personil TNI yaitu Batalyon Marinir 1 Kompi, dari Batalyon 136 sebanyak 1 Kompi, Untuk jumlah Personil keseluruhan yang dilibatkan dalam Ops Mantap Brata Seligi 2018 sebanyak 5.111 Personil Polri terdiri dari Personil Polda 2.138 dan Personil Polres/TA jajaran sebanyak 2.973 Personil, sedangkan kekuatan TNI sebanyak 4.086 Personil yang siap digunakan sebanyak 2.985 Personil dan BKO sebanyak 402 Personil dan Linmas sebanyak 10.954,” jelas Kombes Pol Erlangga.

Pada pengamanan di TPS menerapkan Pola Pengamanan berdasarkan Kategori Kerawanan. “untuk kategori kurang rawan diterapkan pola 2-8-16 artinya disiapkan 2 (dua) Polisi untuk 8 (delapan) TPS dan 16 Linmas, untuk TPS kategori rawan diterapkan pola 2-2-4 yaitu disiapkan 2 (dua) Polisi untuk 2 (dua) TPS dan 4 Linmas, kemudian untuk TPS yang sangat rawan menggunakan pola 2-1-2 disiapkannya 2 (dua) polisi untuk 1 (satu) TPS dan 2 Linmas, pembagian pola kerawanan ini tentunya berdasarkan hasil pemetaan dan identifikasi.”
Salah satu yang menjadi kerawanan untuk di Kepulauan Riau adalah kondisi Geografis yang 96 % perairan dan banyak nya pulau-pulau kecil dan pulau-pulau terluar.(*/r)

Editor : Dedy Suwadha





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA