Ribuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia Asli dan Dijaga Polisi Selangor Bersenjata di TKP

Surat Suara di coblos di selanggor di Malaysia



WARTAKEPRI.co.id, SELANGOR – Puluhan ribu surat suara tercoblos di Malaysia disepakati tetap disimpan di tempat kejadian perkara dengan dijaga polisi bersenjata dari Polis Diraja Malaysia dan tim pemenangan dari kedua belah pihak. Kesepakatan tersebut dicapai menjelang Kamis tengah malam, 11 April 2019, dengan ditengahi Panwaslu Kuala Lumpur dan Kepala Polisi Kajang, Selangor.

Sejak ditemukannya puluhan ribu surat suara tercoblos pada Kamis siang, baik tim pemenangan 01 maupun tim pemenangan 02 tetap bertahan di dua lokasi penemuan. Dua lokasi tersebut adalah di daerah Sungai Tangkas, Kajang; dan daerah Taman Kajang Utama, (keduanya masuk dalam wilayah Kajang, Selangor). Untuk mengamankan tempat kejadian perkara, beberapa petugas kepolisian dari Polis Diraja Malaysia berada di dua lokasi tersebut.

Melihat tetap bertahannya kedua kubu, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana menawarkan dua opsi kepada kedua pihak. “Opsi pertama, barang bukti tetap disimpan di sini (TKP) dengan dijaga bersama kedua pihak,” kata Yaza menawarkan.

Opsi kedua adalah surat suara bisa disimpan ditempat netral dengan surat yang ditandatangani kedua kubu ditambah dengan penguatan dari pihak Polis Diraja Malaysia.

Setelah melalui perdebatan yang alot, akhirnya disepakati barang bukti surat suara tetap disimpan di dua ruko tempat kejadian perkara. Untuk mengamankan lokasi, Polis Diraja Malaysia menempatkan beberapa anggota polisi dengan senjata laras panjang. Pantauan Tempo di lapangan, selain dijaga polisi dengan senjata lengkap, kedua ruko juga digembok dan diberi garis polisi.

Surat Asli Kata Bawaslu

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Mochammad Afifuddin memastikan bahwa surat suara tercoblos yang ditemukan di Selangor, Malaysia, adalah asli. Surat suara itu tercoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden urutan No 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Surat suara untuk pemilihan legislatif tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem.

Hal itu, kata Afifuddin, sudah terkonfirmasi oleh jajaran Panwaslu Kuala Lumpur yang mendatangi lokasi penyimpanan surat suara tersebut.

“Dalam konfirmasi jajaran kami, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) sudah dipastikan dan dijawab huruf tebal, dia pastikan (surat suara tercoblos itu) asli,” ujar dia dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 11 April 2019.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana menjelaskan kronologis temuan surat suara tercoblos yang rekaman videonya sudah viral di media sosial. Dia mengatakan bahwa awalnya menerima pengaduan dari seorang relawan Sekber Satgas Badan Pemenangan Nasional (BPN) Malaysia Prabowo-Sandiaga perihal surat suara tercoblos itu.

“Relawan BPN bernama Parlaungan itu melapor melalui WhatsApp soal dugaan penyeludupan surat suara yang dilakukan oknum tertentu,” ujar dia kepada Tempo. Yaza bersama seorang anggota Panwaslu Kualu Lumpur, Rizki Israeni Nur, langsung berangkat ke lokasi untuk menelisik lebih dalam.(*)

Sumber : Tempo







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA