Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Bencana Puting Beliung di Dapur 6 Desa Kuala Buluh



Ikuti Berita Terbaru Kami

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Tim Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)ke-104 Tahun 2019 Kodim 0316/Batam memberikan penyuluhan di Dapur 6 Desa Kuala Buluh, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang terkait bencana angin puting beliung, Kamis(14/3/2019).

Terkait penyuluhan ini narasumber yakni Kapten Inf HP Bangun, penyuluhan terkait angin puting beliung ini diberikan bukan tanpa dasar. alasan yang pastinya untuk wilayah pinggiran pantai rawan dengan angin kencang dan terjadinya angin puting beliung.

Kapten Inf HP Bangun menyampaikan, bahwa pada musim pancaroba saat pergantian musim hujan ke musin kemarau karena Kota Batam sebagai Daerah Kepulauan sangat rawan terjadinya Bencana angin Puting beliung pada tahun ini. Bencana angin Puting beliung sering terjadi pada daerah Kota Batam ddengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit.

Baca Juga :  Kolonel Pnb Dadan Gunawan Resmi Menjabat Danlanud Raja Haji Fisabilillah

“Bila hal tersebut terjadi dan dapat menimbulkan korban jiwa serta kerugian material hingga dampak psikologis,”sebutnya.

Disebutkannya, mengingat Dampak bencana yang begitu luas, maka di perlukan mitigasi pengurangan risiko bencana angin Puting beliung, oleh sebab itu masyarakat perlu diberikan informasi dan pemahaman tentang bencana angin Puting beliung.

“Pemahaman terkait terjadinya atau awal mula terjadinya puting beliung kita berikan, jadi kedepannya masyarakat dapat mengantisipasinya bila terjadi hal tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Satgas TMMD Ciptakan Kedekatan dengan Warga Pasegeran

Menurut Kapten Inf HP Bangun, bahwa dampak yang ditimbulkan angin Puting beliung rusaknya rumah, rusak infrastruktur, rusaknya kebun – kebun warga, sampah yang terbawa berserakan, terganggunya perekonomian dan menimbulkan korban jiwa.

Adapun upaya – upaya Penanggulang resikonya, kenali bulan – bulan pancaroba, cepat berlindung dan menjauh dari lokasi kejadian, mengadakan penghijauan, kurangi beban berat jika terjadi pohon rimba dan tinggi serta rapuh. Kemudian hindari tempat pohon tinggi apabila terjadi angin Puting beliung, membuat rumah yang permanen serta kuat dan yang terakhir hindari berdiri dekat jendela kaca apabila terjadi angin Puting beliung.(adit)

Baca Juga :  Dirbinsismet Pusterad Kolonel Inf Sachono Berikan Pencerahan Tentang Bintahwil

Ikuti Berita Terbaru Kami


DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
WIRARAJA
AWAL BROS