Terbakarnya Kapal Inkamina 320 di Perairan Karang Tengah Desa Batu Belah Anambas


Ikuti Berita Terbaru Kami

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Sekitar pukul 22.30 WIB di perairan karang tengah Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur telah terjadi kebakaran kapal Inkamina 320, Selasa (12/3/2019).

Adapun data kapal sebagai berikut Nama kapal KM. Inkamina 320, Jenis kapal Kapal Viber, sedangkan nama Pemilik Kapal Saudara Heru alias Cangkiat sedangkan Anggota Kapal terdiri dari saudara Ali (Nahkoda), saudara Piter (ABK), dengan Muatan Kapal berisikan ikan dan sedang keadaan posisi kosong.

Kronologis Kejadian Sekitar pukul 20.00 Wib KM. Inkamina 320 berangkat dari pelabuhan Tanjung Kumbik Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur menuju pelabuhan Nelayan Tarempa untuk mengantarkan muatan ikan yang akan diletakan di Kapal pulau Abadi milik Bancai.

Baca Juga :  Permendikbud : Zona Lebih Prioritas dari Pada Hasil UN dalam Penerimaan Siswa Baru

Kemudian Sekitar pukul 22.00 Wib KM. Inkamina 320 berlayar dari Tarempa menuju Tanjung Kumbik untuk kembali, sekira pukul 22.30 WIB tepatnya di perairan Karang Tengah depan Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur salah satu ABK kapal yaitu saudara Piter melihat gumpalan api dan asap yang berasal dari kamar mesin.

Karena sangking tebalnya asap yang ada, Abk kapal tersebut tidak dapat memadamkan api sendiri, dikarenakan saudara Piter tidak dapat berenang maka Nahkoda mengambil tindakan untuk berjalan secara pelan menuju tepian pelabuhan Tanjung Kumbik.

Sekitar pukul 22.45 WIB saudara Hadi yang sedang bekerja di Pabrik Es yang berada di pelabuhan tanjung Kumbik melihat ada kobaran api yang berasal dari kapal yang berada di tengah laut, mengetahui hal tersebut Saudara Hadi langsung mengendarai Speed menuju asal api dan menyelamatkan 2 anggota KM Inkamina 320 yang terbakar tersebut.

Baca Juga :  Berkunjung ke Bupati Banyuwangi, Rombongan Pemkab Lingga Takjub Sistem Pelayanan di Kantor Desa

Setelah itu saudara Hadi menghubungi Saudara Arpandi untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar membantu memadamkan api.

Kemudian sekitar pukul 23.00 Wib team yang terdiri dari anggota Polres Kepulauan Anambas, Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Anambas dan Pemadam Kebakaran Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas berjumlah kurang lebih 18 anggota, mendapatkan informasi dari Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas dan langsung bergegas menuju tempat kejadian perkara terbakarnya KM. Inkamina 320 dari pelabuhan Pemda menggunakan Speed Dinas pendidikan.

Baca Juga :  Survei Babin dan Perangkat Desa Maras Jemaja Timur Cek Expired Produk Makanan

Sekitar pukul 23.20 WIB team gabungan tiba di lokasi dan langsung melakukan tindakan untuk memadamkan api menggunakan mesin Sibora milik pemadam kebakaran Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dan Sekitar pukul 01.15 Wib KM. Inkamina 320 api yang membakar KM. Inkamina dapat di padamkan oleh tim Gabungan dari Kabupaten.

Sekitar pukul 01.20 Wib team gabungan dari Polres Kepulauan Anambas, Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Anambas dan Pemadam kebakaran Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas kembali menuju Tarempa.

Saat ini diperkirakan Kerugian Materil kurang lebih sebesar RP.550.000,00, sedangkan Korban Jiwa tidak ada yang di sampaikan oleh Pengelola Kapal KM.Inkamina 320 yaitu Saudara Hadi.(Rama)

Ikuti Berita Terbaru Kami


DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS