Tetap Koordinasi, Inilah Protap TNI AD dan TNI AL serta TNI AU saat Pencoblosan Pemilu 2019



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 35

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Markas Besar TNI telah mengeluarkan buku yang menjadi acuan prajurit TNI di Indonesia dapat bertugas dalam pengamanan Pemilu 17 April 2019 mendatang. Proses dan pelibatan TNI nanti masih di bawah koordinasi pihak Kepolisian di daerah masing masing.

“TNI siap membantu kepolisian untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019,” kata Letkol Inf Romel Jangga Wardhana saat memimpin Gelar Apel Kesiapan Pasukan TNI di Makodim 0316/Batam, Senin pagi (11/3/2019).

Baca Juga :  Mayjen TNI Ibnu Triwidodo Berkunjung ke Galangan Kapal Citra Shipyard di Batam

Dijelaskannya, unsur TNI seperti TNI AD, AL dan AU siap membantu Kepolisian dalam Pengamanan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang. Terutama bilamana ada potensi kerawanan ancaman dalam penyelenggaran pemilihan Pilpres dan Pileg .

Dan, untuk sosialisasi fungsi ini, digelar apel gelar pasukan gabungan TNI AD, AL, dan AU ini, merupakan kesiapan para personel jelang memasuki pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali ini.

Baca Juga :  Kasad : TMMD Gelorakan Kembali Semangat Gotong Royong

Diingatkannya kepada seluruh personil untuk melihat kembali aturan, fungsi dan tugas TNI melalui buku panduan yang diikeluarkan oleh Mabes TNI dalam pelibatan pengamanan Pemilu 2019 untuk dipedomi keseluruhannya. Dibuku itu sudah dijelaskan semua, sehingga tugas pengamanan nanti sudah sesuai protab dan tidak melenceng dari aturan yang ada.

Dalam pengamanan Pemilu, TNI tetap dibawah koordinasi Polri. Untuk Romel menekankan, tugas TNI mengawasi jalannya pemilu. Hanya, jika ditemukan potensi kerawanan yang dianggap diluar batas, TNI akan siap mengamankan dengan berkoordinasi dengan Kepolisian dan selanjutnya Kepolisian lah yang akan menindaklanjutinya.

Baca Juga :  Bawa Sabu dari Batam, Calon Penumpang Lion Air Asal Aceh Ini Diupah Rp 8 Juta

“ Kita (TNI) akan selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian nantinya,” pungkas Romel.

Selain itu, dalam pelibatan TNI sebagai pengawasan dan pengamanan, sudah ada jarak diberikan dari lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).(*)

Editor: Dedy Suwadha

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 35

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
WIRARAJA
AWAL BROS

Berita Terkait