Telkom akan Tingkatkan Layanan, Kominfo Lingga akan Bangun Sistem Smart Office

Telkom akan Tingkatkan Layanan, Kominfo Lingga akan Bangun Sistem Smart Office
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Seiring dengan perubahan gaya hidup yang menuju kearah digitalisasi, kebutuhan akan data dan informasi yang cepat, sangatlah mutlak harus terpenuhi. Masyarakat yang dulunya menunggu untuk memperoleh informasi, sekarang sudah berganti menjadi netizen aktif yang cenderung mencari sendiri informasi yang mereka inginkan dengan cepat.

Pemkab Lingga, yang dalam hal ini diwakili oleh Bagian Kominfo Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga tampaknya benar-benar serius menanggapi kebutuhan masyarakat tersebut.

Melalui kerjasama yang selama ini dijalin dengan pihak Telkom sebagai penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia, Kominfo Lingga berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, terutama dibidang telekomunikasi dan informasi.

Maka dari itu, Zainal Abidin selaku Kabag Kominfo dan Humas Kabupaten Lingga, dan didampingi oleh Kasubbag Kominfo Kabupaten Lingga, Ady Setiawan, S.T. melakukan pertemuan bersama Pihak Telkom yang dalam hal ini diterima langsung oleh Manager GES, Bungaran B. Simanjuntak di Kantor PT.Telkom, Sekupang, Batam. Untuk membahas beberapa poin penting terkait layanan Telkom di Kabupaten Lingga, Jum’at (8/12/2019).

Poin-poin penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah perpanjangan kontrak layanan Astinet di beberapa OPD di Kabupaten Lingga, rencana integerasi layanan intranet yang terpusat di Kominfo serta sosialiasi produk Telkom di Kabupaten Lingga.

Adapun untuk perpanjangan kontrak tersebut, Pemkab Lingga dalam hal ini Kominfo, mengharapkan adanya peningkatan kualitas layanan Astinet yang sedang berjalan, agar lebih baik dan dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya layanan internet dedicated (1:1).

“Kemudian mengenai integrasi layanan di Pemkab Lingga, kami dari bidang Kominfo Humas berencana akan mengusulkan pembangunan jaringan LAN/WAN berbasis fiber optic antar OPD di Daik, dan juga penggunaan opsi layanan Metro untuk 4 OPD di luar Daik pada APBD Lingga tahun 2020. Kesemuanya ini adalah sebagai fundamen menuju smart office yang terintegrasi antar OPD satu dengan yang lainnya,”kata Zainal.

Kedepannya dengan adanya jaringan yang terintegrasi tersebuut, finger absen, pengiriman surat, serta kebutuhan data-data setiap OPD akan lebih mudah diterapkan. Hal ini merupakan program dari Kabag Kominfo Humas yang baru.

Selanjutnya, untuk memberikan pelayanan berbasis digital kepada masyarakat, maka pihak Telkom akan mengadakan sosialisasi produk mereka yang berkaitan dengan smart office, smart goverment, dan smart city pada musrenbang di Kabupaten Lingga.

Agar lebih mantap dalam penerapan smart city nantinya di Kabupaten Lingga, Kominfo didampingi pihak Telkom akan melakukan kunjungan Smart City Nusantara dan bencmark ke salah satu pemda yang sudah terlebih dahulu menerapkan smart city, agar bisa menjadi acuan dan perbandingan bagi kemajuan telekomunikasi dan informasi di Kabupaten Lingga.

Dengan pemerataan akses layanan dan keterbukaan informasi, kita harapkan cita-cita Lingga Terbilang 2020 akan segera terwujud.(mc)

Kiriman : Ravi Azhar
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG