5 Cara Sembuhkan Asam Urat Tanpa Kambuh


Ikuti Berita Terbaru Kami

WARTAKEPRI.CO.ID – Secara medis penyakit asam urat tidak bisa sembuh secara total, namun beberapa gejalanya bisa dikendalikan. Penyakit ini bisa dikatakan lumrah karena banyak dialami oleh masyarakat, terutama diatas 30 tahun.

Untuk mengendalikan asam urat pun tidak sulit, namun diperlukan kesabaran tinggi. Sebab, asam urat termasuk jenis penyakit yang bersifat kekambuhan.

Pengobatan asam urat di rumah sendiri juga bisa membantu Anda untuk mengendalikan gejala asam urat muncul kembali.

Nah, di bawah ini terdapat lima langkah mudah untuk membantu mengobati asam urat:

Baca Juga :  Rapimnas SMSI Digelar Desember 2018, Topik Utama Membaca Peluang Iklan di Media Siber

1. Perbanyak minum air putih

Alih-alih mengonsumsi minuman manis atau alkohol, sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi air putih yang memang terbukti lebih sehat. Sebab jika sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan serangan asam urat karena kadar asam urat yang meningkat.

Bahkan dari beberapa ahli percaya, bahwa mengonsumsi air putih dapat membantu melancarkan pembuangan dari asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.

2. Menjaga berat badan dengan diet tepat

Seseorang yang mengalami obesitas lebih berisiko tinggi terkena asam urat. Maka, menjaga berat badan dan memilih sumber karbohidrat kompleks dalam diet bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga :  Seorang Pelajar Mengalami Penyakit Langka, Terlihat Seperti Kakek-Kakek

Serta, pilih makanan yang harus dibatasi dan dihindari untuk mencegah terjadinya lonjakan asam urat lebih tinggi. Yaitu dengan menghindari makanan maupun minuman berkadar purin tinggi.

3. Mengontrol kadar asam urat tubuh

Hal yang tidak boleh dilewatkan oleh penderita asam urat ialah melakukan tes asam urat. Oleh sebab itu, dengan mengetahui kadar asam urat di dalam tubuh, Anda bisa selalu mengontrolnya setiap saat.

4. Berolahraga secara rutin

Langkah pengobatan asam urat yang paling mudah ialah dengan melakukan aktivitas berolahraga secara rutin. Setidaknya, lakukanlah olahraga selama 30 menit 5 kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Ingin Sehat? Ini 4 Cara Mandi yang Benar

Selain itu, gejalapun lebih bisa dikendalikan saat berolahraga. Sebab, persendian akan lebih terlatih hingga rasa nyeri pun daat dicegah.

5. Mengandalkan obat herbal

Cara terakhir bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin melakukan pengobatan menggunakan obat-obat kimia. Sebab perlu diingat, bahwa obat kimia tentu memiliki efek samping dikemudian hari maka sebaiknya pertimbangkan baik-baik jika ingin lakukan pengobatan.

(Is/bbs)

Ikuti Berita Terbaru Kami


DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS