Qatar Kucurkan Ribuan Triliun untuk Piala Dunia 2022

Para pemain Qatar merayakan gelar juara Piala Asia 2019 usai mengalahkan Jepang pada laga final di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Jumat (1/2). Qatar menang 3-1 atas Jepang. (AFP/Giuseppe Cacace)



WARTAKEPRI.CO.ID – Penggemar sepak bola di seluruh dunia pasti sangat menantikan ajang Piala Dunia. Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar. Rusia pada Piala Dunia 2018 menggelontorkan dana ratusan triliun untuk memugar stadion.

Dikutip laman The Guardian, tuan rumah Piala Dunia 2022 itu akan menghabiskan mega dana, yaitu sekitar USD200 miliar. Jika dikonversikan nilainya mencapai Rp 2.832 triliun.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk infrastruktur utama turnamen, seperti pembangunan dan renovasi stadion sepak bola. Diketahui ada sekitar 12 stadion berteknologi tinggi dengan daya tampung keseluruhan hingga 700 ribu kursi.

Selain stadion, Qatar juga membenahi bandara, rumah sakit, dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

Bahkan negara yang kaya cadangan gas itu menghabiskan uang sebesar USD500 juta atau sekitar Rp 7 triliun per minggu, untuk menjalankan proyek Piala Dunia 2022.

Namun bila dihitung-hitung terkait dana Piala Dunia 2022, Qatar telah membelanjakan USD100 ribu per kapita atau 1.825 kali lipat yang dipakai Afrika Selatan, saat perhelatan Piala Dunia 2010.

(Is)

sumber : Bola.com







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA