Bersama Apri Sujadi Pembangunan Pendidikan di Bintan Dirasakan Seluruh Masyarakat

Apri Sujadi dan Dalmasri



WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Selaku Bupati Bintan Apri Sujadi, yang diusung oleh Partai Demokrat, sejak terpilih berbagai pembangunan di Kabupaten Bintan terasa lebih cepat. Bukan hanya pembangunan fisik, namun juga pembangunan mental dan spritual, yang meliputi pendidikan formal, sekolah, maupun pendidikan non formal, TPQ, pondok pesantrean dan lain sebagainya.

Apri Sujadi, Bertekad Wakafkan Diri untuk Dunia Pendidikan di Bintan

Apri sejak terpilih menjadi Bupati Bintan, sudah bertekad mewakafkan dirinya untuk pengembangan dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan di Kabupaten Bintan.

“ Kita sangat berkeyakinan, bahwa suatu daerah akan maju bila dunia pendidikannya juga ikut maju. Setahap demi setahap kita memulai melakukan gerakan langkah maju di bidang pendidikan lewat program berbagai bidang pendidikan. Saya juga sangat berkeyakinan, kedepannya hal tersebut mampu melahirkan generasi masa depan yang berprestasi,” Bupati Bintan Apri Sudjadi.

Tak tanggung-tanggung, meski keterbatasan APBD, namun Apri teguh memberikan perhatian lebih pada bidang ini. Tak hayal, orang tua murid di Bintan dapat tersenyum lebar, dan kini tak ada satu pun anak usia sekolah di kabupaten tersebut yang tidak bersekolah.

Bupati Bintan Apri Sujadi bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, foto bersama siswa-siswi.

Bagaimana tidak, selain menggratiskan biaya sekolah, Apri juga memberikan secara gratis semua perlengkapan sekolah mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Sepatu gratis, kaus kaki gratis, seragam gratis, tas dan buku sekolah gratis, topi gratis, semua serba gratis.

Sebagai penunjang itu semua, Apri juga menyediakan sejumlah bus sekolah, untuk mengangkut siswa-siswi yang domisilinya cukup jauh dari sekolah.Bus sekolah ini, dioperasikan oleh pemerintah Kabupaten Bintan, dan gratis untuk semua siswa.

”Fasilitas transportasi gratis kita siapkan bagi anak-anak sekolah untuk mendukung sektor pendidikan,” ujarnya.

Pemerintah kabupaten Bintan juga terus mempersiapkan pembangunan di sektor pendidikan, dengan membangun sejumlah sekolah, baik di pusat kota Bintan, maupun di kecamatan-kecamatan atau desa-desa terpencil di kabupaten tersebut.

Menyerahkan secara simbolis, tas beserta buku sekolah gratis dari Pemkab Binta kepada siswa-siswi setiap tahunnya

Sekolah yang dibangun juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendidikan modren, seperti labor komputer, labor biologi dan terkoneksi dengan jaringan internet. Atas dedikasinya di dunia pendidikan, pantas Apri Sujadi menerima penghargaan Ki Hajar Dewantara oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada akhir 2018 silam.

Penghargaan Ki Hajar Dewantara diterima Apri dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melalui Sekjen Pendidikan Didik Suhardi di Lagoon Garden The Sultan Hotel, Jakarta.

“Ini penghargaan yang patut kita sambut bersama, ini akan jadi momentum untuk terus memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan. Ini juga menjadi catatan tersendiri bagi Pemkab Bintan karena ini pertama kalinya mendapatkan penghargaan bergengsi nasional tersebut,” kata Apri.

Penghargaan Ki Hajar Dewantara merupakan penghargaan tertinggi di bidang pendidikan yang diberikan Kemendikbud RI. Diberikan kepada kepala daerah yang dinilai punya terobosan bagus terhadap kualitas pendidikan.

Selalu memberikan semangat dan motovasi bagi anak-anak sekolah

Sebelum penghargaan diberikan, banyak proses tahapan seleksi dan uji kompetensi yang harus dilalui. Poin penting penilaian adalah dukungan nyata para kepala daerah terhadap dunia pendidikan.

Selain Apri, kepala daerah lain yang juga menerima penghargaan Ki Hajar Dewantara seperti Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondo Kambey.

“Sejak awal sebelum dilantik sebagai kepala daerah, kita mulai berkomitmen untuk meluncurkan sejumlah program-program pendidikan. Salah satunya gratis biaya pendidikan,” kata Apri.

Apri menyerahkan bantuan pendidikan

Program ini sangat berkontribusi terhadap angka partisipasi bersekolah warga. Angka putus sekolah makin menurun. Di Kepri, Bintan merupakan salah satu daerah yang perhatian terhadap program gratis biaya dan perlengkapan pendidikan sekolah tingkat SD dan SMP.

Dirinya juga menceritakan sedikitnya, usaha Pemkab Bintan untuk mencover biaya-biaya pendidikan bagi jenjang SMA dan Mahasiswa Bintan. Dimana saat ini, aturan perundang-undangan membatasi Pemkab Bintan menyalurkan bantuan bagi siswa-siswi SMA dan Mahasiswa melalui anggaran APBD Pemkab Bintan hal ini dikarenakan SMA dan Mahasiswa kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kita terbentur aturan karena kewenangannya berada di Provinsi Kepri, namun kita tidak akan menyerah. Karena mereka , anak-anak Bintan yang wajib kami penuhi kebutuhan pendidikannya. Saat ini, kita sedang melakukan proses formulasi program CSR. Setidaknya, tahun 2019 nanti kita sudah bisa mencover anggaran yang secara regulasi tidak bisa tertampung di APBD,”kata Apri. (***)

Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA