Rutin Bercinta Bisa Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi bercinta (Photo : ist/net)



WARTAKEPRI.CO.ID – Rutin bercinta ternyata memiliki sejumlah dampak terhadap tubuh, mulai dari menghilangkan stres, menjaga sirkulasi darah hingga membuat Anda nyenyak tidur.

Namun, bercinta disebut juga memiliki dampak negatif, yakni bisa membuat seseorang tambah gemuk. Mitos atau fakta ya?

Dikutip Himedik dari Timesofindia, bercinta tidak membuat Anda bertambah gemuk. Meski begitu, bercinta diketahui bisa memengaruhi ketidak seimbangan hormon seksual.

Ketidak seimbangan hormon seksual sendiri tergantung pada usia pubertas, siklus menstruasi dan menopause.

Nah, fluktuasi hormon seks seperti DHEA, estrogen dan progesteron lah yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Jika Anda kekurangan hormon DHEA, maka risiko menjadi gemuk memang akan meningkat. Gemuk juga bisa terjadi karena tidak adanya kestabilan pada hormon estrogen dan progesteron.

Bagaimana dengan anggapan bertambah gemuk setelah menikah? Jawabannya sama, yakni tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bercinta setelah menikah jadi penyebab seseorang bertambah gemuk.

Pertama, harus dicatat bahwa bukan hanya perempuan, tetapi lelaki juga dapat menambah berat badan setelah menikah. Namun, bercinta menjadi penyebab kenaikan berat badan setelah menikah adalah mitos.

Menurut para ahli kesehatan, kenaikan berat badan tidak ada hubungannya dengan seks. Menambah berat badan setelah menikah dikaitkan dengan kenyamanan berada dalam suatu hubungan dan mendapatkan rasa aman.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang menjalin hubungan cenderung makan lebih banyak daripada yang lajang.

Di sisi lain, bercinta sebenarnya dapat membantu menghilangkan kalori. Saat bercinta, kamu mengeluarkan energi dan menurut para ahli, kamu dapat membakar 100 hingga 300 kalori dalam sesi 30 menit yang penuh gairah.

(Is)

sumber : Suara.com







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA