Bea Cukai Batam Implementasi Aplikasi Ceisa Barang Kiriman 14 Februari 2019



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 36

WARTAKEPRI.co.id,BATAM – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam merilis terkait penanganan barang kiriman dari kawasan bebas Batam dan Implementasi Ceisa Barang Kiriman Batam melalui Perusahaan Jasa Titipan, Selasa (12/2/2019) Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam.

” Bea dan Cukai Batam memiliki fungsi Trade Fasilitator dan Community protector terus melakukan upaya upaya peningkatan dalam sistem pelayanan dan pengawasan barang yang masuk ataupun keluar dari wilayah Republik Indonesia,” kata Susila Brata Kepala Bea dan Cukai Tipe B Batam Selasa (12/2/2019)

Baca Juga :  Penangkapan Puluhan Ribu Ekstasi di Pantai Stress, Tak Terpantau BC Batam‎

Menurut Susila Brata, untuk peningkatan fungsi tersebut, Bea dan Cukai Batam membuat aplikasi Ceisa barang kiriman kawasan bebas Batam sebagai wujud peningkatan pelayanan dan pengawasan barang kiriman berdasarkan peraturan Menteri Keuangan nomor 120/PMK.04/2017.

Jadi, Aplikasi Ceisa barang kiriman kawasan bebas Batam, telah disiapkan dalam waktu kurang lebih 1 Tahun lalu, dan di implementasikan pada 1 Februari 2019, berdasarkan Keputusan Dirjen Bea Cukai Nomor 07/BC/2019 dengan tahapan sebagai berikit.

Pertama, Sosialisasi dilakukan mulai awal November 2018 kepada pengusaha jasa titipan (PJT), kedua, Uji coba sejak Desember 2018 dalam waktu 2 bulan sebelum implementasikan.

Baca Juga :  Inilah Tiga Kebijakan yang Dipersiapkan Sekdaprov Kepri Arif Fadillah

” Ketiga, penunjukam piloting kepada beberapa Perusahaan Jasa Titipan pada tanggal 14 Januari 2019,” ungkap Susila Brata.

Sebelumnya, Bea Cukai, sudah memberitahukan kepada penyelenggara jasa titipan terkait diberlakukan mulai 1 Februari 2019 dimana barang barang tersebut dikenakan biaya pajak dan itu sudah kita sosialisasikan.

Melalui sistem aplikasi Ceisa ini, barang kiriman kawasan bebas Batam dalam waktu kurang lebih 1 Tahun sudah mulai di implementasika.

Sementara itu, pihak PT Pos mengungkapkan BC tunduk pada peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Apa yang ditetapkan pemerintah tentu PT Pos ikuti.

Baca Juga :  Prestasi, 17 Kasus Penyelundupan Dilibas Bea dan Cukai Tipe B Batam

Sejauh ini, kendala yang terjadi bukan saja sistem tetapi adalah aturan yang telah dibuat pemerintah saat ini semua berlaku.

Untuk itu kita harapkan agar ini menjadi poin penting dalam penyelesai kami PT Pos Indonesia. Pemumpukan barang jasa itu bukan karena kita menahan.

Itu tidak ada kaitan nya, hanya saja pengguna jasa membayar pajak sesuai dengan nilai barang yang dikirim.(*)

Kiriman : Taufik Ch
Editor : Dedy Suwadha

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 36

DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM

Berita Terkait