Rapat Koordinasi Bawaslu dan Gakkumdu Bersama Perwakilan Parpol di Anambas



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 35

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Rapat Koordinasi Bawaslu Anambas dan Gakkumdu bersama perwakilan Partai Politik (Parpol) terkait perkembangan pelaksanaan Pemilu 2019. Rapat digelar di Kantor Bawaslu Anambas, Jalan Ahmad Yani, Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Jumat (01/2/2019).

Kegiatan Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Yopi Susanto (Ketua Bawaslu Anambas) dan dihadiri antara lain Liber Simare Mare (Komisioner Bawaslu KKA), Rangga (Komisioner Bawaslu KKA), Iptu Buskardi (Kasat Intel Polres Kepulauan Anambas), Samat (Kabid Bakesbangpol Anambas) dan 12 perwakilan Parpol, serta diikuti sekitar 25 orang.

Yopi Susanto, Ketua Bawaslu KKA mengatakan, tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini untuk memastikan pelaksanaan pengawalan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar, sebagaimana amanat Undang-undang No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu, PKPU No 11 Tahun 2018 sebagaimana dirubah menjadi PKPU No 37 Tahun 2018 dalam penyelenggara Pemilihan Umum.

Baca Juga :  Perintahkan Panwascam dan Bawaslu Kota Ikuti Agenda Capres di Lembaga Pendidikan

Masih Yopi Jika ada pelanggaran tentang Pemilu, parpol diharapkan melapor ke Bawaslu dan Gakkumdu, apabila pelanggaran pidana murni akan di proses ke Polres (Gakumdu) dan pelanggaran administrasi pemilu diselesaikan oleh Bawaslu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Rapat koordinasi ini juga menyampaikan kepada perwakilan Parpol agar permasalahan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) tidak sembarangan dan harus sesuai dengan ketentuan yang telah kita sepakati. Karena pihak Bawaslu masih banyak mendapati dan menemukan APK yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Sementara itu Iptu Buskardi Kasat Intel Polres Kepulauan Anambas mengatakan, saat ini tahapan Pemilu sedang memasuki tahapan kampanye. Namun hingga saat ini dari Kabupaten belum ada melaporkan diri terkait giat kampanye yang harus ada pemberitahuan (STTP) kepada Aparat keamanan setempat untuk mudah memonitor dan menjaga kondisi Kamtibmas.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Hampir Jatuh dari Pesawat Pertamina di Papua

Kemudian pihaknya juga Berharap kepada setiap Parpol peserta Pemilu 2019 untuk dapat mematuhi aturan dan himbauan yang sudah ditentukan oleh Bawaslu agar tercipta ketertiban dalam berdemokrasi.

Samad, AMd Kabid Bakesbangpol Anambas juga mengatakan, bahwa Kesbangpol secara kelembagaan mempunyai tugas salah satunya mendukung tahapan pemilu agar berjalan kondusif.

Diantaranya dengan sejak akhir Januari 2019 telah membentuk Posko Pemilu 2019 yang anggotanya dari berbagai instansi terkait dan personil Kesbangpol dan unsur Kominda, Posko akan berakhir 7 hari setelah pencoblosan.

Baca Juga :  Data Pemilih Ganda Terbanyak Ada di Kecamatan Sagulung

Selain itu juga menentukan tim monitoring yang ditetapkan melalui keputusan Bupati dengan tugas melakukan monitoring di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas, seperti Badan Pengumpul (Bapul).

Dari hasil monitoring banyak mendapat masukan dari para camat, Lanal dan Polres terkait kondisi wilayah, seperti Terkait daerah rawan sebenarnya sudah terpetakan dan daerahnya tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun seperti kondisi jarak dari pulau ke pulau. Oleh karena itu pihaknya menyarankan agar ketika ada kegiatan politik pihak aparat kepolisian dapat membantu mengawasi untuk menjaga Kamtibmas.(Rama).

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 35

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
WIRARAJA
AWAL BROS

Berita Terkait