Sinergy TNI Polri, Lanal Ranai Serahkan 2 Tersangka Sabu ke Polres Natuna



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 40

WARTAKEPRI.CO.ID – Polres Natuna dan Tni Angkatan Laut ranai yang dipimpin oleh  Danlanal Ranai Kolonel (P) Harry Setyawan menggelar konfrensi pers dan menyerahkan hasil tangkapan narkotika kepada Polres Natuna yang diterima langsung oleh Kapolres Natuna  AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Jumat (11/1/2019) di Mako Lanal Ranai.

Dalam konfrensi pers tersebut, Lanal menyerahkan 2 orang tersangka, kasus kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu ke Polres Natuna.

Danlanal Ranai Kolonel (P) Harry Setiawan menjelaskan bahwa Pada hari Rabu  09 Januari 2019 sekira pukul 17.00 wib  KRI Cut Nyak Dien-375 melakukan penangkapan dan pemeriksaan Barang muatan KLM. Sinar Natuna GT. 139 dan ditemukan 4 (empat) kardus miras merk Anker. 

Selanjutnya  KLM. Sinar Natuna GT. 139 digerek ke Perairan Sedanau oleh KRI Cut Nyak Dien-375.

Baca Juga :  Berlayar 6 Jam ke Pulau Laut Natuna, Ini Pengalaman Fenomena Dirasakan Danlanal Ranai Harry Setyawan

“Tanggal 9 kemarin, KLM. Sinar Natuna sedang melintas dilaut  perairan selatan Pulau Sedanau, Oleh pengawas Kapal wib  KRI Cut Nyak Dien-375, kapal tersebut dipantau dan diikuti gerakannya dengan menggunakan radar JRC dan teropong, ” ucap Danlanal ranai tersebut.

Kemudian terhadap kapal tersebut dilakukan pemeriksaan oleh tim pemeriksa , baik terhadap muatan maupun kelengkapan dokumen, dari hasil pemeriksaan diduga KLM Sinar Natuna tidak memiliki Surat Izin Usaha Pelayaran (SIUPER),

surat izin trayek, membawa muatan tidak sesuai manifest diantaranya sepeda motor, minuman keras oplosan 18 kantong plastik masing-masing 3 liter.

“Selain membawa barang tidak sesuai aturan, tim Pemeriksa juga menemukan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 1 gram di dalam sepatu,” tambahnya.

Atas dasar pemeriksaan tersebut  Komandan KRI Cut Nyak Dien – 375, Letkol Laut (P) Amin Wibowo, memerintahkan agar kapal tersebut di gerek dan dikawal menuju Posal Sabang mawang guna penyelesaian perkara lebih lanjut.

Baca Juga :  Nelayan Serasan Natuna ‎Main Hakim Sendiri Bakar Kapal Diduga Kapaal Bom Ikan

“Kemudian dilaksanakan pemeriksaan uriene terhadap nakhoda dan ABK KLM Sinar Natuna sebanyak enam orang. Hasil pemeriksaan, 2 ABK berinisial AN dan WI positif urinenya mengandung Zat Adiktif Narkoba Metafitamin Shabu-shabu,” ucap Kolonel Harry Setiawan.

Sehingga pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019 sekira pukul 08.05 wib di Bertempat di Posal Sabang Mawang telah dilaksanakan  serah terima Barang Bukti berupa KLM. Sinar Natuna beserta 6 orang crew kapal dan Tekong/Nahkoda Kapal dari Komandan KRI Cut Nyak Dien – 375 Letkol Laut (P) Amin Wibowo, kepada Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan.

Lalu  Danlanal ranai menyerahkan kembali barang bukti hasil tangkapan narkotika jenis Sabu sabu tersebut beserta tersangka AN dan WI ke Polres Natuna yang di terima langsung oleh Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto.Sik.

Baca Juga :  Sabu Asal Malaysia Dimusnahkan BNN Kepri

Sementara itu Kapolres Natuna mengucapkan terimakasih kepada TNI AL yang telah bisa bekerja sama dengan Polres Natuna dan akan menyelidiki lebih lanjut  perkara Narkotika tersebut.

“Kita akan tindak lanjut hasil temuan tindak pidana narkotika ini, dan dengan ada nya hasil tangkapan ini diharapkan TNI dan Polri Kab Natuna lebih solid lagi dalam memberantas tindak pidana di Kabupaten Natuna ini,” harap Nugroho.

Adapun barang temuan yang diserahkan tersebut antara lain satu buah plastik bening diduga Narkotika jenis Sabu-sabu didalam sepatu milik Tsk WI, Empat kardus miras merk Anker, dan satu  buah alat isap sabu. (Rky)

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 40

DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA



Berita Terkait