Ketua KNPI Jemaja Keluhkan Jaringan Seluler, Kadis Kominfo Anambas Sudah Tagih Janji ke Menteri Terkait





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Komunikasi adalah salah satu Kebutuhan penting bagi setiap orang yang ada di Indonesia bahkan di Dunia pada umumnya.

Namun lain halnya yang dirasakan oleh warga Jemaja khususnya Kelurahan Letung hingga Ke Tingkat Desa Desa yang ada di Anambas belum maksimal dirasakan oleh warga. Dimana setiap orang memiliki hak kebebasan ber pendapat dan mempublikasikan keindahan Serta pesona yang ada di daerahnya masing masing.

Dalam hal ini di ujung perbatasan terluar masih negara indonesia, yaitu di Kabupaten Kepulauan Anambas masih belum dirasakan seluruhnya bagi masyarakat jaringan telekomunikasi berupa jaringan seluler maupun jaringan internetnya.

Namun pemerintah selalu melakukan perubahan perubahan dengan mengusulkan Jaringan Internet sehat bagi daerah yang tidak terjangkau jaringan seluler yang berupa jaringan Visat dari kementerian Telekomunikasi Pusat untuk Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, hal ini juga sangat membantu meskipun kadang kala jaringannya juga mengalami gangguan.

Seperti dikeluhkan oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Jemaja Mudahir, terkait sulitnya berkomunikasi jika sudah mulai memasuki malam hari, baik itu jaringan 2G ataupun jaringan 3G,

Di Jemaja itu sendiri ada sekitar 3 Tower di antaranya 2 tower jaringan Telkomsel dan satu tower lagi adalah jaringan Indosat.tak sama dengan tower yang ada di Desa Rewak kampung Kusik masih kecamatan Jemaja sudah memiliki jaringan 4G. Sementara itu jaringan di pusat kota Kecamatan jemaja masih berstatus 3G.

Mudahir Ketua KNPI saat dihubungi via telepon genggam miliknya mengungkapkan ia sangat berharap agar sinyal Telkomsel di pusat kecamatan ini secepatnya ditingkatkan menjadi 4G.

Ini mengingat karena kelurahan Letung merupakan Pusat ibu kota kecamatan sehingga akan memudahkan bagi para pengguna telekomunikasi dalam melakukan aktivitas baik aktivitas bisnis maupun aktivitas pemerintahan.

” Ia berharap pihak penyedia jasa telekomunikasi ini bisa membantu masyarakat dalam memudahkan akses komunikasi bukan hanya berorientasi pada bisnis. Mengingat daerah kami ini merupakan daerah terluar yg berbatasan langsung dengan negara asing untuk itu akses komunikasi sangat penting guna memberikan informasi informasi secara cepat dan jelas,” harap Mudahir.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas Jeprizal menjelaskan kepada Wartakepri.co.id bahwa Pemerintah daerah dalam hal ini dinas kominfo akan terus berupaya mengajukan permintaan peningkatan akses telekomunikasi dan akses data ke pemerintah pusat.

Dalam hal ini Kementerian Kominfo RI dan operator telepon seluler agar mereka segera meningkatkan layanannya dari jaringan 3G bahkan meminta pihak operator Telkomsel.

Apalagi akses jaringan untuk dapat mengantar bandwidth PALAPARING Barat yang sudah dibangun di Anambas untuk bisa dimanfaatkan oleh operator sehingga bisa sampai ke pulau Jemaja yang sampai sekarang belum bisa dirasakan seluruhnya oleh masyarakat Jemaja dan masyarakat kabupaten kepulauan Anambas secara keseluruhan .

“Kami sangat berharap kepada pemerintah pusat dalam hal ini kementrian Kominfo dan juga kementrian Polhukam agar bisa membatu daerah perbatasan, terluar yang juga merupakan kebutuhan untuk pertahanan keamanan yang letaknya sangat strategis dan berbatasan langsung dengan beberapa negara luar,” harapnya.(Mad).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA