Terkait ABK Kapal Tengker Hai Soon X, Lanal Ranai Dikunjungi Duta Besar Korea dan Singapore



WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Perkara kasus Tanker MT Hai Soon X berbobot 1.914 GT masih proses P19 di Kejaksaan Negeri (Kejari) Ranai.

Kapal bermuatan 2.500 ton solar belum ke pengadilan untuk menentukan status hukumnya.

Untuk diketahui, kasus kapal Tanker Hai Soon X ini masih menuai polemik antara pihak penyidik Lanal Ranai dan Kejaksaan Negeri Natuna.

Pasalnya, Lanal Ranai telah lima kali mengembalikan berkas perkara untuk dilengkapi (P-19) oleh pihak Kejaksaan. Namun upaya itu belum mendapatkan kepastian yang jelas berkas tersebut berlanjut ke meja hijau (P-21).

Danlanal Ranai, Kolonel Harry Setyawan, menegaskan bahwa kasus kapal tersebut akan tetap dilanjutkan penyidikannya hingga bergulir ke meja hijau pengadilan.

Pihaknya akan tetap mengawasi para ABK kapal pengangkut minyak yang saat ini lego jangkar di perairan Selat Lampa Natuna.

“Kapal tetap diamankan hingga berkas kasusnya telah lengkap. Para ABK kapal selalu kita awasi dan kebutuhan mereka juga akan kita dukung, termasuk kalau belanja dan cukur rambut selalu kita kawal,” kata Danlanal Ranai, Kamis (3/1/2019).

Danlanal juga mengatakan bahwa belum lama ini Kedutaan Luar Negeri Singapura dan Korea menyambangi markas Lanal Ranai untuk meninjau anak buah kapal (ABK) Tanker MT Hai Soon X.

Menurut Danlanal, tujuan kedatangan mereka adalah untuk memastikan para ABK dalam keadaan baik pasca ditangkap KRI Yos Sudarso – 353 saat Operasi Laga Sagara – 18 tahun lalu itu.

“Kunjungan perwakilan kedutaan untuk melihat ABK dalam keadaan baik dan guna mengetahui kelanjutan informasi mengenai penanganan kasus kapal tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya, Kajati Kepri Asri Agung Putra ketika kunjungan kerja ke Natuna (31/10/2018) lalu, Dia pernah mengatakan akan segera mengespos kasus tersebut di Kejati Kepri, Namum hingga kini belum juga terdengar kabar tersebut oleh awak media.

”Pak Kajari masih ingin melengkapi dan mensuport beberapa alat bukti lainya dan bila tidak ada halangan akan diexspose bersama timnya nanti di Kejati Kepri.” ujar Kajati Asri Agung Putra, didampingi Kejari Ranai Juli Isnur, saat gelar Konferensi pers di Kantor Kejaksaan Natuna berapa bulan lalu.

Kejati menyatakan kasus kapal Tengker Hai Soon X secara substansi masih proses pra penuntutan. Dia mengatakan bahwa dalam kasus Tanker Hai Soon X ini prinsip akan ditegakan secara objektif sesuai kaidah hukum dan peraturan yang berlaku.

“Penanganan kasus itu harus berkualitas, tidak usah khawatir tentang subsitansi. Kita akan tegakan secara objektif mengenai apa tentang subsitansinya tidak bisa saya sebut disini, karena ini masih proses penyidikan, nanti salah.” ucap kajati tempo lalu di Natuna.

Dan info terbarunya, Kajati telah pindah tugaskan menjadi direktur penyidikan pada Jaksa Agung Muda bidang tindak pidana khusus Kejagung RI.(Rky)



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS