Perusahaan Besar di Batam Akan Serapan 10 Ribu Operator Pada Tahun 2019

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id,Batam-Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakyakirti menyebut ada sekitar 10 ribu karyawan akan diterima sebagai operator pada Tahun 2019 nanti.

Menurutnya,Pabrik perakit iPhone asal Taiwan, Pegatron, disebutkan tengah mempertimbangkan rencana untuk mengalihkan basis produksi ke Pulau Batam, Indonesia.

Ini berdasarkan permintaan projek merek Iphone yang akan dimulai pada Tahun 2019 mendatang, artinya dengan demikian akan semakin memperkuat ekonomi Batam lagi.

“Bayangkan saja, jika kebutuhan perusahaan itu mencapai 10 ribu pekerja, maka mengurangi angka pengangguran di Batam, selama ini kita tau bahwa banyak perusahaa yang hengkang (tutup) tidak adanya projek yang dikerjakan,”ujar Rudi Sakyakirti saat di temui ruang kerjanya Rabu (12/12/2018)

Selain itu, Rudi juga menambahkan sepanjang Tahun 2018 ini, ada sekitar 62 perusahaan yang tutup, tetapi bukan perusahaan besar, rata rata perusahaan kecil yang banyak tutup salah satunya PT Hantong dan Nagano,”tambah Rudi.

“Sedangkan data untuk Pencari Kerja (Pencaker) sampai bulan Oktober Tahun 2018 ini, tercatat sebanyak 33.487 orang dan di tempatkan sebanyak 20.593 orang. Sedangkan perusahaan yang tidak melaporkan, dianggap telah bekerja sebanyak 8260 orang.

Untuk total secara keseluruhan ada sekitar 28 ribu lebih yang telah bekerja,” ucap Rudi.

Sedangkan untuk lowongan yang tersedia dan telah didaftarkan ke Disnaker Batam ada sekitar 25 ribu. Dari lowongan tersebut, kebanyakan yang diterima itu dari kalangan tingkat SMK dan SMA.

Rudi berharap pada Tahun 2019 mendatang akan semakin baik lagi,  sehingga peluang untuk lapangan pekerjaan di Batam dapat dimanfaatkan bagi para pencari kerja (Pencaker).”pungkasnya.(Taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG