Bawaslu Batam Ingatkan Caleg Boleh Beriklan 24 Maret hingga 13 April 2019



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 bersama media massa di Hotel The Hills, Sabtu (8/12/2018).

Sosialisasi ini mengajak masyarakat turut mengawasi pemilu bersama-sama dengan Bawaslu guna mewujudkan demokrasi yang benar-benar bersih di Batam.

Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu agar berbagai macam pelanggaran baik itu yang bersifat administratif maupun pidana, dapat diminimalisir.

Menurut Koordinator Penindakan Pelanggaran Bawaslu Batam, Bosar Hasibuan, terjadinya pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu disebabkan oleh dua faktor yaitu laporan masyarakat dan temuan dari Bawaslu.

“Laporan masyarakat dan temuan Bawaslu ini akan diproses selama 7 hari sebelum berlanjut ke penyidikan dan verifikasi,” terang Bosar.

Sedangkan bentuk pelanggaran yang biasa terjadi pada penyelenggaraan pemilu dikatakan Bosar adalah money politik, serta kampanye di luar jadwal.

“Kemudian pejabat pemerintahan yang mengkampanyekan calon legislatif maupun presiden,” lanjut Bosar menambahkan.

Sementara itu, ditempat yang sama, Koordinator Divisi Hukum Program dan Data Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk memaparkan perihal larangan berkampanye melalui media massa.

Larangan yang dimaksud oleh mantan Komisioner KPU Batam periode tahun 2014 ini adalah tentang pemasangan iklan peserta pemilu di media cetak, elektronik maupun online sebelum waktu yang ditentukan.

Kata dia, peserta pemilu yang ingin berkampanye berupa iklan di media massa baru bisa dilakukan pada tanggal 24 Maret hingga 13 April 2019 mendatang atau sehari sebelum minggu tenang.

“Kampanye berupa iklan hanya boleh selama 21 hari saja, di luar itu dianggap pelanggaran. Hal itu sesuai dengan ketentuan Bawaslu Pusat pada aturan yang baru ini,” tandasnya. (bng)

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 0

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS