Ditanya Kasus Habib Bahar bin Smith Ini Tanggapan Ustadz Abdul Somad dan Deddy Corbuzier



WARTAKEPRI.co.id – Dua chanel Youtube menjadi referensi untuk mendapati pendapat atas pelaporan Habib Bahar bin Smith ke Polda Metro Jaya dan Mabes Polri. Seperti diketahui sebelumnya bahwa Habib Bahar bin Smith kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Habib Bahar bin Smith dilaporkan karena dinilai Menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Habib Bahar bin Smith dituding menebar ujaran kebencian dengan sebutan ‘banci’. Kini, Habib Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka usai menjalani pemeriksaan selama 11 jam.

Kuasa Hukum Bahar bin Smith, Aziz Yanuar mengatakan, kliennya sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan kasus ujaran kebencian.

Status tersangka itu, kata dia, disematkan setelah Bahar diperiksa Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal ( Bareskrim) Polri selama 11 jam. Bahar diperiksa sejak pukul 11.30 WIB.

“ Hasilnya beliau ditetapkan tersangka,” ujar pengacara Bahar bin Smith, Aziz Yanuar usai mendampingi kliennya diperiksa di Gedung Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018) malam.

Aziz menuturkan, kliennya dicecar 24 pertanyaan menyangkut hal-hal pribadi serta ceramahnya di Palembang.

Menurut Aziz, kliennya disangkakan Pasal UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2008 tentang ITE, serta Pasal 207 KUHP, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1, dan Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2).

Baca Juga :  Kegiatan Police and Jasa Raharja Go To Campus di Politeknik Batam

Namun, masih kata Aziz, meski ditetapkan tersangka, kliennya tak ditahan.

Respon Ustad Abdul Somad

Berawal dari sebuah pertanyaan kepada Ustadz Abdul Somad tentang Bahar bin Smith. Ustadz Abdul Somad pun menjawabnya dihadapan para jemaahnya.

“Bagaimana ustad pendapat antum kepada habib bahar bin smith yang sangat keras menyinggung pemerintah,” ucap Ustadz Abdul Somad membacakan pertanyaan untuknya di secarik kertas.

Menurut Ustaz Abdul Somad, sosok Bahar bin Smith memiliki gaya tersendiri. “Itu style dia, siapa saya mengkritik orang, itu gaya dia, ga ada loe ga rame.

Itu gaya dia berapi-api, ga masalah bahwa itu melanggar konstitusi, kalau tidak senang ya tangkap.

Nanti yang ditangkap kan bisa tabayyun bisa klarifikasi, ada hukum,” kata Ustaz Abdul Somad seperti dikutip dari kanal Youtube Jemaah UAS, Jumat (7/12/2018).

Respon Deddy Corbuzier Terkait Orang Sukses di Indonesia

Pembawa acara Deddy Corbuzier angkat suara perihal polemik terkait pernyataan Presiden Indonesia yang dinilai banci. Ia mengunggah pendapatnya di Chanel Youtubenya dengan judul ‘Presiden Kita Banci?!’.

Ia bahkan menyinggung soal YouTuber ternama Ria Ricis dan Atta Halilintar. Awalnya Deddy Corbuzier menegaskan dirinya bukanlah tim kampanye Presiden Jokowi. Ia mengaku hanya merasa perlu menanggapi permasalahan yang tengah heboh ini.

Baca Juga :  Raffi Ahmad digadang-gadang sebagai artis terkaya di Indonesia

“Gua bukan orang Jokowi, gua tidak kampanye untuk Jokowi,” ucap Deddy Corbuzier dikutip TribunJakarta.com dari saluran YouTube Deddy Corbuzier, pada Kamis (6/12/2018).

Deddy Corbuzier menerangkan belakangan ini heboh soal Jokowi yang dihina sebagai banci. Namun Deddy Corbuzier enggan menyebut nama sosok yang diduga menghina Jokowi. Deddy Corbuzier sampai dibuat heran mendengar hinaan yang dilontarkan sosok itu.

” Masuk ke topik pembicaraan belakangan ini heboh banget, gua engga mau nyebut nama dan sebagainya karena gua engga mau ikutan-ikutan,” ujar Deddy Corbuzier.

“Belakangan ini heboh banget ketika presiden kita dikatain banci, nahh gua engga ngerti?” tambahnya dengan wajah penuh keheranan.

Deddy Corbuzier juga menyoroti perihal orang yang sukses Indonesia hanya berasal dari kalangan asing, sementara penduduk aslinya hidup dalam kesusahan.

“Satu di katain banci, kedua ada kata-kata orang yang kaya adalah penduduk asing dan pendatang, Cina, dan pribuminya melarat,” terang Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier meminta pendengarnya untuk melihat kenyataan yang ada di sekitar. Pasalnya menurut Deddy Corbuzier pernyataan yang menyebut orang yang sukses hanya berasal dari kalangan asing tidak relevan dengan kenyataan yang ada. Deddy Corbuzier lantas menyinggung dua YouTuber tersukses dan terkaya saat ini, Atta Halilintar dan Ria Ria Ricis.

Baca Juga :  5 Pesawat Sukhoi TNI AU di Batam Dipersiapkan Pengemboman Udara

Menurut Deddy Corbuzier Atta Halilintar dan Ria Ricis adalah bukti dari masyarakat asli Indonesia yang bisa menikmati kesuksesan.

“Enggak usah jauh-jauh kita bahas sekitar YouTube,” kata Deddy Corbuzier. “Kalau di bilang penduduk Indonesia tersiksa tidak sukses dan sebagainya,”

“Nahh Atta halilinta itu gimana? Ria Ricis itu gimana? yang paling sukses itu mereka berdua sekarang,”

“Paling kaya, paling sukses di YouTube,”

“Nah bukannya mereka itu pribumi Indonesia ya?”

“Gua hargai mereka sukses,” tambahnya.

Sementara itu, Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Syahar Diantono, membenarkan bahwa saat ini Habib Bahar bin Smith telah berstatus sebagai tersangka dalam perkara dugaan ujaran kebencian.

“Benar, bahwa hasil gelar perkara penyidik, Habib Bahar bin Smith telah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Syahar melalui pesan singkat.

Syahar menambahkan bahwa penetapan tersangka setelah pemeriksaan dan penandatanganan berita acara pemeriksaan (BAP) oleh Bahar Bin Smith. Namun pihaknya tidak menahan Bahar Bin Smith.

“Telah dilakukan pemeriksaan, paraf dan penandatanganan BAP oleh tersangka dan pengacaranya, namun tidak dilakukan penahanan dan yang bersangkutan telah kembali,” jelas Syahar.( *)

Sumber: Tribunews
Video : Youtube UAS dan Deddy Corbuzier
Editor: Dedy Suwadha


DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA



Berita Terkait