Suka Nongkrong di Warung Kopi? Ini Beberapa Istilah yang Wajib Kamu Ketahui !



WARTAKEPRI.CO.ID – Mengerjakan skripsi atau sekedar berbincang dengan teman lama di warung kopi memang mengasyikkan bagi sebagian orang. Terlebih dengan suasana yang santai dan tenang,

Selain itu, warung kopi biasanya dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan. Mulai dari mencari spot foto yang instagramable, tempat untuk mengerjakan tugas, sampai sekedar menikmati waktu senggang sambil menikmati kopi.

Sebagai seorang pecinta kopi, nggak ada salahnya loh kamu mengerti beberapa istilah yang ada di dunia kopi. Siapa tahu kamu tertarik untuk membuka usaha di industri ini.

Berikut ada 7 istilah di kedai kopi yang wajib kamu ketauhi!

 

Barista

Barista adalah sebutan untuk seseorang yang menyiapkan dan menyajikan kopi-kopi berbasis espresso.

Meskipun istilah barista digunakan untuk menyebut orang yang menyiapkan kopi, namun secara teknis barista adalah seseorang yang sudah terlatih secara profesional untuk membuat espresso, serta memiliki keahlian tingkat tinggi ketika meracik kopi.

Di Italia, barista sering disebut dengan barista (untuk laki-laki) atau bariste (untuk perempuan).

Grinder

Grinder Kopi adalah alat atau mesin yang berfungsi untuk menggiling serta menghaluskan biji kopi sehingga menghasilkan bubuk kopi yang halus.

Alat ini juga sering disebut alat pembubuk biji kopi, penggiling biji kopi atau penghalus biji kopi.

 

Bitter

Bitter adalah ungkapan atas cita rasa kopi yang tajam dari biji kopi, yang dipanggang dalam waktu yang lama.

 

Baggy

Baggy merupakan ungkapan cita rasa kopi yang kurang sedap karena biji kopi disimpan terlalu lama dalam kondisi yang kurang baik.

 

Espresso

Espresso adalah salah satu menu di coffee shop. Berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau cepat, espresso sesuai dengan tujuannya yaitu agar dapat cepat dinikmati oleh pelanggan.

Espresso, bukan ekspresso, merupakan sari pati dari biji kopi. Rasanya yang sangat pahit, membuat espresso biasanya disajikan dalam cangkir kecil yang biasa disebut espresso shot.

 

Americano

Americano adalah kopi turunan dari espresso. Americano dibuat dengan mencampurkan satu shot espresso dan air panas. Hal ini membuat rasa kopinya tidak sepahit kopi espresso biasa.

 

Latte

Berasal dari bahasa Italia yang berarti kopi susu, Latte merupakan espresso yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada latte adalah 2:1. Biasanya, secangkir latte disajikan dengan tampilan latte art yang menarik.

Nah, nongkrong di kedai kopi jadi makin lengkap dengan pengetahuab istilah-istilah di coffee shop, kan?

 

Dilansir melalui : tribunnews.com







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA