Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan





WARTAKEPRI.CO.ID – Siapa yang tidak tahu buah nangka? Buah yang dicintai sejuta umat ini merupakan buah yang sangat manis untuk dimakan ketika matang, dan sangat lezat untuk dibuat sayur ketika mentah.

Ngaku deh, sayur nangka merupakan sayur favorit ketika kamu memakan masakan Padang setelah sayur daun ubi. Iyakan?

Buah yang satu ini memang sudah menjadi favorit. Wanginya yang harum, manis dan enak membuat semua orang menyukainya.

Selain enak, ternyata nangka juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung sejumlah besar saponin, lignan, fitonutrien, dan isoflavon.

Semua kandungan ini menjadikan nangka sebagai unsur anti kanker yang membantu dalam menghilangkan radikal bebas dari sel, sehingga membantu dalam proses penurunan pertumbuhan kanker.

Bukan hanya itu, semua senyawa dalam nangka bisa membantu mengurangi kanker endometrium yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dini. Saponin diketahui bisa mengatasi lapisan luar sel kanker dan mencegah perkembangannya.

Selain bisa mengatasi kanker, buah kuning ini juga memiliki manfaat lain, seperti :

1. Menyehatkan kulit 

Buah sangat penting untuk kesehatan kulit kita. 

Makanan ini bisa membantu menghilangkan keriput, memberi cahaya alami pada kulit, dan membuat kulit menjadi cantik sempurna.

Untuk menghilangkan keriput, kita bisa mengambil nangka kemudian hancurkan dan masukkan ke dalam susu dingin selama beberapa menit.

Setelah menjadi pasta terapkan bahan ini pada area yang keriput.  Lakukan perawatan ini selama 6 minggu. Selain itu nangka juga bisa dikonsumsi langsung. Kandungan seratnya bisa mengatasi sembelit dan juga membuat kulit bercahaya. Antioksidan pada nangka juga bisa menjaga kulit dari penuaan dini.

 

2. Kaya protein

Kita bisa menambahkan nangka ke dalam daftar kudapan di sore hari. Buah tropis ini kaya akan sumber protein yang bisa dimakan mentah ataupun dicampur dengan salad buah. Ini merupakan makanan pembuka alami yang mengandung protein dalam jumlah tinggi.

 

3. Bermanfaat untuk rambut 

Seperti yang kita tahu, peredaran darah paling penting untuk memiliki pertumbuhan rambut alami dan sehat. Dengan mengonsumsi beberapa potong nangka setiap hari bisa menyehatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu adanya vitamin A dalam nangka bisa membuat rambut sehat dan mencegah timbulnya rambut rapuh dan kering.

 

4. Memperkuat imun 

Nangka memiliki sumber vitamin C dan juga antioksidan yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa mencegah terjadinya penyakit flu dan juga batuk.

Hal ini bisa menciptakan pencegahan alami di sekitar tubuh yang bisa menurunkan risiko penetrasi virus ke dalam tubuh.

Adanya polisakarida pada nangka juga menghasilkan fungsi sel fagositik dalam sistem kekebalan tubuh.Kandungan vitamin C membantu lebih lanjut dalam pencegahan terhadap virus flu yang menyerang.

 

5. Baik untuk penglihatan 

Mengonsumsi nangka juga bisa membuat penglihatan menjadi baik. Nangka memiliki antioksidan yang memberikan pencegahan degenerasi makula dan terjadinya katarak. Sumber vitamin A di dalamnya membantu mencegah rabun senja dan menjaga kesehatan mata.

 

Dilansir melalui : Tribunnews.com



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA