Anambas Memiliki Banyak Destinasi Wisata dan Favorit Saat Ini Padang Melang



PEMPROV KEPRI

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 0

WARTAKEPRI.CO.ID – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur mengatakan, Anambas merupakan daerah yang sangat kaya dengan destinasi wisata.

”Anambas memiliki karakteristik tersendiri. Letaknya berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (18/11).

Bila turis datang ke Anambas, maka mereka bisa mengunjungi sejumlah tempat di Anambas seperti tempat wisata Pantai Padang Melang. Pantai ini memiliki garis pantai terpanjang di Kepulauan Riau. Bentangan pasirnya menerabas hingga dua wilayah, Kelurahan Letung, dan Desa Bukit Padi, dengan panjang garis pantainya sekitar 7,6 kilometer.

Hebatnya, sepanjang garis pantai ini seluruhnya ditaburi pasir putih berbulir halus. Kalau bertandang ke pantai ini, pengunjung bakal disuguhi hamparan airnya yang jernih dan gelombang lautnya yang tenang. ”Ini ideal untuk pecinta pantai,” jelasnya.

Berikutnya yakni Pulau Durai. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, airnya sangat jernih, pulau durai memiliki pantai berpasir putih yang membentang menjadi tempat penyu bertelur. Periode musim bertelur penyu-penyu adalah pada Mei sampai dengan Agustus.

Telur-telur penyu tersebut kemudian dipindahkan ke tempat penetasan berupa bidang pasir cukup luas di lengkapi pengamanan dari anyaman kawat untuk melindungi dari serangan predator.

Setelah menetas dan menjadi tukik, maka akan dilepaskan ke laut untuk menjaga kelangsungan hidup penyu-penyu di pulau tersebut.

”Dahulu, penyu yang bertelur di pulau ini setiap malamnya berkisar 10 hingga 20 ekor. Bisa dibayangkan jika seekor penyu bertelur 100 butir saja, maka dalam semalam terdapat 2.000 telur yang dihasilkan di pulau ini,” terangnya.

Tapi karena habitat penyu di pulau ini setiap tahun berkurang, saat ini tidak akan menemukan penyu yang bertelur dengan jumlah yang sama. Sekarang hanya sekitar 5-10 ekor saja. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya karena aktivitas penangkapan hasil laut besar-besaran yang dilakukan nelayan asing, dan telur penyu dijadikan konsumsi.

Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menetapkan Pulau Durai sebagai lokasi konservasi penyu. Tujuannya untuk menyelamatkan penyu dari kepunahan.

Yang ke tiga yakni Pulau Penjamin. Di antara tebaran ratusan Pulau elok di Kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau, pulau ini dijamin memenuhi ekspektasi pengunjung yang menginginkan berpetualang di gugusan Pulau berparas cantik, berkontur unik dan dikepung bentangan laut biru yang kaya terumbu karang alami.

Kalau datang ke pulau ini pengunjung akan dibuat terkagum kagum oleh landscapenya yang unik. Di bagian timur pulau ini di bentangi pantai berpasir putih jernih. Kanan kirinya dijajari bebatuan yang elok. Sisi darat berbatasan dengan bukit yang ditumbuhi pepohonan yang rindang.

”Bersnorkling dan scuba diving sangat cocok. Semua sudut di perairan ini menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Berbagai penelitian menyebutkan terumbu karang dikawasan ini berkategori baik itu dari sisi penyebaran maupun ragamnya,” jelasnya lagi.

Berikutnya yakni wisata di Pulau Mengkian Panjang. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang dibeberapa bagiannya bertabur bebatuan hitam besar. Sementara di tengah pulau ditumbuhi pepohonan rindang yang dapat dijadikan tempat berteduh dari terik matahari.

Uniknya pulau ini adalah adanya savana kecil yang jarang di temui di pulau lain, selain menikmati savana pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit yang sangat menakjubkan. ”Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berlibur di pulau ini, seperti memancing, snorkeling atau sekedar berenang dan bermain pasir di tepian pantai,” jelasnya.

Selain keindahan alam pantai Mengkian Panjang juga memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Hamparan terumbu karang yang masih alami dengan aneka ikan warna–warni menghiasi perairan pulau ini.

Dilansir melalui : batampos

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 0

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS