Stok sembako jelang Natal dan Tahun Baru aman Telur Berpotensi Naik di Batam



WARTAKEPRI.co.id ,BATAM– Walikota, Muhammad Rudi pastikan cadangan bahan pokok di Batam cukup jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menurutnya dinas terkait sudah lakukan pengawasan. Dan ada beberapa program pemerintah yang bertujuan untuk intervensi harga pasar.

“Cadangan sembako cukup. Disperindag sudah mengawasi. Pasar murah juga sudah jalan. Dari Bulog juga akan ada operasi pasar beras,” kata Rudi di Sekupang, Senin (12/11/2018) lalu.

Baca juga..

Inilah Salam Jempol Nurdin Basirun dan Senyum Menteri Perdagangan Untuk Masyarakat Kepri

Sehari sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga melakukan peninjauan harga kebutuhan pokok di Pasar Pujabahari Batam.

Ia mengatakan harga telur dan ayam berpotensi naik pada akhir tahun. Hal ini mengingat tingginya permintaan warga menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Telur dan ayam ada potensi kenaikan harga. Suplainya saya khawatir berkurang, mudah-mudahan tidak, maka akan jadi persoalan,” kata Menteri dalam Rapat Koordinasi Nasional Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Batam.

Ia minta seluruh kepala dinas perdagangan untuk terus mengawasi kenaikan harga komoditas itu.

Menurutnya pemerintah sudah menerapkan strategi untuk menekan kenaikan harga telur, sejak komoditas itu mengalami penurunan harga beberapa waktu lalu.

“Saat harga telur turun, kami justru menaikkan harga batas bawah dan meminta pedagang retail modern membeli harga lebih tinggi sehingga para peternak tidak mengalami kerugian,” kata Enggartiasto.

Ia khawatir peternak pilih afkir dinikan ayam petelur jika harga telur terus turun. Pada akhirnya membuat pasokan telur berkurang dan harga akan semakin naik lebih tinggi.

Selain telur dan ayam, harga cabai merah dan cabai keriting juga betpotensi naik. Hal ini dipengaruhi keterbatasan pasokan karena sudah memasuki musim hujan.

Sementara secara keseluruhan harga komoditas pangan relatif stabil, tidak terlalu mempengaruhi inflasi.(mcb)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA