Yes.! Dubes Amerika Ajak Para Siswa Natuna Berprestasi Sekolah Ke Amerika Gratis Lho



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WARTAKEPRI.co.id NATUNA -Dubes AS Joseph R.Donovan untuk Indonesia beserta Rombongan ikut nonton  film “A Plastic Ocean bersama pelajar SMAN 1 Bunguran Timur dan lanjutkan blusukan ke kampung tua Penagi.

“Tujuan saya datang di Natuna ingin belajar mengenai produksi ikan di Natuna, karena Amerika Serikat banyak membeli ikan di Indonesia,”kata Joseph R.Donovan,di SMAN 1 Bunguran Timur, kamis,(8/11/2018).

Usai Nonton bareng film dokumenter,acara lanjutkan dengan diskusi santai namun para siswa mendapat kesempatan untuk bertanya langsung kepada Dubes.

Donovan terlihat semangat menceritakan pengalaman pertama nyelam di laut Natuna.Indonesia banyak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti ikan dan karang sangat indah.

“Kemaren sore saya sudah menyelam,saya yakin bahwa saya merupakan Dubes AS  pertama kali  menyelam di Parairan laut Natuna,”sebutnya.

Dubes Amerika juga mengajak para pelajar di Natuna untuk sekolah di Amerika secara gratis melalui program kerja sama Amerika-Indonesia untuk program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS).

“Setiap tahun ada pertukaran 100 siswa antara Amerika dan Indonesia. Saya harap siswa di Natuna ini dapat mengikutinya melalui Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES),” paparnya.

Di sana, lanjut dia, para peserta akan menjadi ‘Duta Muda Indonesia’ dan ‘Duta Perdamaian’, serta tinggal bersama keluarga angkat dan bersekolah di negara itu.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bunguran Timur, Prihatno Budiriyanto terharu ini merupakan kesempatan luar biasa, se level Duta Besar bisa hadir ditengah para siswa.

Niat seluruh Kepala Sekolah SLTA di Natuna akan menghadiri pemutaran film ini. Akan tetapi, “karena rentang kendali dan geografis antar pulau, tidak memungkin mereka datang semua,”sebutnya.

Bahkan ada yang terpaksa mencarter pompong untuk datang ke Ranai, seperti dari Kecamatan Pulau Tiga.

Tidak semua Kepala Sekolah bisa hadir, karena kondisi geografis Natuna 99 persen lautan.”kita dengar sangat bagus bahkan ada yang naik pompong lansung dari Pulau Tiga menuju Ranai,”sebutnya.

Ia berharap, kedatangan Dubes Paman Sam, pihaknya mendapat Informasi dan dukungan untuk kemajuan pendidikan di Natuna.

Turut hadir acara tersebut Bupati Abdul Hamid Rizal ,Sekda Wan Siswandi, Kadispora,Suherman,Para Guru dan Siswa SMAN I Bunguran Timur.

Akhir sesi Penyerahan Cendramata dari Kepala SMAN I Bunguran Timur kepada Dubes AS kegiatan di lanjutkan blusukan ke kampung tua Penagih rombongan di dampingi oleh Bupati dan Ketua RT Penagih pak Kirun bersama dubus dan bupati asik menikmati suasana kampung di atas air.(*)

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA

Berita Terkait