Andy Djava : Generasi Penerus Harus Proaktif Mendukung Kebudayaan Nasional



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WARTAKEPRI.co.id , BANDUNG – Seni Budaya Wayang adalah warisan leluhur Bangsa Indonesia yang wajib kita jaga Keagungannya.

Eksistensi wayang terus berkembang hingga sekarang meski mengalami perubahan dalam penampilan, baik garap maupun sanggit dan unsur tambahan lainnya.

Pada tanggal 7 November 2003 UNESCO (Lembaga Budaya dari Perserikatan Bangsa-Bangsa) menetapkan wayang sebagai a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Karya Agung Budaya Dunia, penghargaan UNESCO ini adalah penghargaan untuk Wayang Indonesia.

Dalam rangka Hari Wayang Dunia, dalang giri Harja generasi penerus dinasti Sunarya Bandung Jawa barat menggelar “hajat” acara yang digelar pada Rabu (7/11/2018) sekitar pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

Acara tersebut menampilkan tiga dalang muda. Kidalang Bhatara Sena, Wishnu Irwan Sunarya, Yogaswara Sunandar Sunarya.

Ketiganya merupakan dalang giri Harja yang memiliki ciri khas masing-masing.

“Wayang dipandang sebagai Seni Budaya yang luar biasa, karena mampu memberikan pendidikan moral dan budi pekerti untuk menyampaikan nilai-nilai keindahan/kemuliaan dalam masyarakat,” kata Hendrie Chandra management giri Harja kepada wartawan.

Penghargaan tersebut. Tambah Hendrie, tidak sekedar kebanggaan bagi Bangsa Indonesia, namun juga sebagai bukti bahwa pada jaman dulu Bangsa kita memiliki cita rasa Seni dan Budaya maupun nilai-nilai luhur yang tinggi.

“Dalam acara ini juga dilibatkan generasi muda yang diwakili oleh pelajar, mahasiswa dan dari komunitas para pecinta wayang se Jawa barat,” ujarnya.

Sebelum acara dimulai, keluarga besar giri Harja mengadakan do’a bersama terlebih dahulu dengan berkumpul di aula padepokan. Panitia acara, Sarah mengatakan acara yang diadakan ini merupakan hasil kerjasama dengan semua pihak.

“Ini merupakan kerja bareng baik keluarga besar giri Harja dan semua pihak yang memiliki kepedulian yang sama terhadap seni budaya, kedepan kita akan menhadirkan puluhan dalang,” ucap Sarah.

Pantauan dilokasi, terlihat hadir kidalang H. Dadan Sunandar Sunarya, unsur wilayah setempat, lurah, Kapolsek, organisasi radio RAPI, pelaku seni, budayawan dan tokoh lainnya juga warga.Bahkan, sejumlah dalang lainnya berbaur dengan ratusan para penonton dari berbagai daerah di Jawa barat bahkan dari luar negeri.

Sebagai tanda dimulainya acara, lurah setempat, Mumuh Munajat menyerahkan Kayon atau gunungan kepada kidalang Bhatara Sena tanda dimulai nya acara tersebut.

Sementara itu Andy Djava ketua Umum ” PWG ” Bogor Raya yang juga turut hadir ditengah acara mengatakan, Sebaiknya generasi penerus harus lebih proaktif mendukung kebudayaan nasional salah satunya seni wayang golek sebagai warisan budaya bangsa yang wajib dilestarikan.

” Sudah sepatutnya generasi penerus untuk berperan aktif dalam melestarikan kebudayan nasional agar bangsa ini tidak kehilangan jatidiri sebagai bangsa yang besar dan berkebudayaan, ” Pungkasnya.(Rms)

Editor : Riky rinovsky

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA

Berita Terkait