Opini WTP 5 Kali, Pemprov Sumbar Dapat Insentif Pembangunan dan Penghargaan dari Kemenkeu RI

WIRARAJA

WARTAKEPRI.co.id, PADANG – Sebagai bentuk apresiasi atas raihan nilai tertinggi pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 dan mampu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk LKPD 2017 serta mampu mempertahankan opini tersebut 5 kali berturut-turut sejak 2013, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menerima Piagam Penghargaan Pemerintah RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 dengan Capaian Standar Tertinggi dari Kementerian Keuangan RI selaku Bendahara Umum Negara.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah (Setda) Prov. Sumbar Jasman di rumah dinas Gubernur pada Rabu (10/10/2018).

Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Prov. Sumbar sebagai representasi Kementerian Keuangan di daerah, Ade Rohman, yang pada kesempatan tersebut didampingi 6 pejabat di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumbar.

“Jadi kami perwakilan dari Kementerian Keuangan menyampaikan penghargaan kepada Gubernur atau Provinsi Sumbar di mana laporan keuangannya dapat nilai paling tinggi,” ujar Ade Rahman.

Ade Rahman lebih lanjut mengatakan, untuk laporan tahun 2018, tidak banyak Provinsi di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini.

“Kalau WTP, memang sudah 32 dari 34 provinsi, tapi kalau yang 5 kali berturut-turut dan semua Kabupaten/Kotanya juga WTP, tidak banyak, salah satunya dari yang sedikit ini ya Sumbar. Sehingga kemarin waktu Rakernas, Gubernur diundang langsung oleh Menkeu,” tambahnya.

Gubernur sendiri, ketika dimintai keterangan mengenai penghargaan yang baru saja ia terima menerangkan, opini WTP yang kembali diraih adalah buah kerja keras seluruh jajaran Pemprov Sumbar. Kerja keras tersebut, sambungnya, akan terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

“Penghargaan ini merupakan kerja keras seluruh jajaran di Pemprov Sumatera Barat sehingga mendapatkan opini WTP, ini yang harus kita pertahankan agar bisa lebih baik lagi kedepan,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan Gubernur, selain penghargaan, opini WTP berturut-turut yang telah didapatkan pemprov Sumbar atas laporan keuangannya juga akan diganjar dengan dana insentif yang dapat digunakan untuk pembangunan Sumbar.

“Karena 5 kali berturut-turut, kita menerima dana insentif sebesar 71 miliar. Ini nanti akan kita manfaatkan untuk membangunan daerah menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya (*)

Sumber: Zulfahmi/HUMAS SETDAPROV SUMBAR

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 55

DEWAN PERS WARTAKEPRI
PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
BANNER BOTANIA

Berita Terkait


DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA