WKTV Famtrip Media Hari Kedua, Melihat Kekejaman Komunis hingga Kuliner Lezat di Muar Malaysia





WARTAKEPRI.co.id, MALAYSIA – FAMTRIP 33 jurnalis Batam Indonesia hari kedua di Malaysia, rombongan berkunjung dan bermalam di Negeri Muar Johor Malaysia, Jumat (5/10/2018). Simak dua video di bawah ini.

Kota Muar atau biasa disebut Muo sekitar 2,5 jam dari Johor Bahru, dan berbatasan dengan Negeri Melaka.

Ada tujuh destinasi yang dikunjungi, tiba di Muar rombongan berkunjung ke Galery Darurat Bukit Kepong, Pusat Informasi Pelancong Muar, Naik kapal keliling sungai Muar, galery Furniture, Desa Keroma Eco Resort dan berakhir makan malam di Kediaman Distrik Officer (Bupati) Muar, pasar malam Muar dan berakhir menginap di Muo Boutique Hotel.

Kunjungan berkesan dan melihat sejarah kemerdekaan Malaysia di Bukit Kepong.

Simak Videonya Bukit Kepong :

Serangan komunis sekitar 15 tahun lalu lebih dulu menyerang Malaysia, dan menorehkan bekas luka tak terlupakan.

Serangan komunis di Malaysia tepatnya di Desa Bukit Kepong, Muar, Johor Bahru tersebut, menewaskan 17 dari 25 anggota polisi yang bertugas di Kantor Polisi Bukit Kepong, bahkan dua istri polisi pun ikut menjadi korban.

Serangan Bukit Kepong yang terjadi 23 September 1950, sejak dulu telah difilmkan oleh Pemerintah Malaysia.

Sama seperti film Pemberontakan G30S PKI, film Serangan Bukit Kepong ini terus diputar setiap tahun.

Tujuannya agar Bangsa Malaysia tak melupakan sejarah, dan tak juga melupakan betapa kejamnya komunis yang kala itu bernaung di bawah bendera Partai Komunis Malaya (PKM).

Kini sejarah Bukit Kepong tidak hanya bisa kita lihat di film, tapi kita bisa datang langsung ke tempat dimana tragedi itu terjadi, dan melihat langsung peninggalan-peninggalan serta senjata-senjata tua yang dulu digunakan oleh para polis untuk menghadapi komunis di tempat tersebut.

Tak hanya itu, sepeda, pecahan-pecahan piring, mangkok serta obat yang masih berlumuran darah pun dipajang dalam galeri “Darurat Bukit Kepong”.

Berkunjung ke Galeri Bukit Kepong, rombongan disambut oleh drama tari yang dibawakan oleh para anggota Polis Diraja Malaysia, dengan seragam dan senjata yang sama saat tragedi itu terjadi.

Tarian itu menggambarkan bagaimana situasi saat komunis belum masuk ke Bukit Kepong.

Dipandu oleh Sarjen Mayor Zazili, rombongan mendengar cerita babak demi babak tentang kekejaman komunis di Bukit Kepong.

Bahkan menurut polisi yang setahun lagi akan pensiun ini, ia pun termasuk saksi sejarah, karena semasa anak-anak, ia masih sempat merasakan pahitnya hidup di bawah bayang-bayang komunis.

“Komunis memang kejam, dia tak suka, main bunuh, tembak, dia paling anti dengan polisi, saya merasakan, karena bapak saya juga seorang polisi,” ungkap Zazili.

Mau melihat secara langsung, sejarah Bukit Kepong? Silakan datang. Perjalanan dari Johor ke Bukit Kepong kurang lebih memakan waktu hampir dua jam menggunakan bus.

Kuliner Mie Seafood dan naik kapal menelusuri Sungai Muar, simak Videonya :

Untuk lebih jelas mengenai destinasi di Muar Johor ini, silahkan berkomunikasi Tourism Muar di nomor: +601133312684 ( puteri elia) +60196263434 (mr boon)
+60162411793 (desa keroma eco resort)

Bersambung makan malam di kediaman Bupati Muar.

Editor/ Video: Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS