Data Pemilih Ganda Terbanyak Ada di Kecamatan Sagulung



WartaKepri.co.id, BATAM – Berdasarkan hasil rekapitulasi sementara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam mencatat 11.611 data pemilih ganda di Batam yang tersebar di 2.445 Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 kecamatan.

Jumlah terbanyak terdapat di Kecamatan Sagulung yakni 2.860 data pemilih ganda. Disusul oleh Kecamatan Batuaji dengan jumlah  1.459 data pemilih ganda. Kemudian di Kecamatan Sekupang dengan jumlah data pemilih ganda yang ditemukan sebanyak 1.359.

“Data ini masih bisa berubah, sebab ada tiga kecamatan lainnya yang statusnya dalam proses,” kata Anggota Bawaslu Kota Batam, Mangihut Rajagukguk, Kamis (6/9/2018).

Untuk Kecamatan Sekupang, menurut Mangihut jumlah data pemilih ganda ada kemungkinan mengalami peningkatan. Sebab, masih ada proses pemindaian di empat kelurahan. Keempat kelurahan yang belum selesai prosesnya itu dikatakan dia adalah Kelurahan Tanjungriau, Tiban Baru, Tiban Indah, dan Tiban Lama.

Kata Mangihut, jumlah data ganda di Batam ini merupakan terbanyak ketiga di Indonesia setelah Sidoarjo dan Kutai Kertanegara.

Hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda ini kemudian diserahkan Bawaslu Batam kepada KPU Batam untuk dicermati kembali.

Sementara itu, Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan adanya data ganda dalam DPT ini terjadi akibat ketidaksengajaan petugas. Ia menyatakan galat itu bisa saja terjadi karena data yang dimasukkan petugas salah.

“Tapi kita akan tetap mencermati kembali, dan kami diberi waktu tiga hari. Ada sistem sendiri yang akan kita gunakan untuk pencermatan data pemilih ini. Prinsipnya, kita berharap kalaupun DPT alami perubahan data, DPT akhir betul-betul yang bisa menggunakan hak suaranya. Karena tidak ada kepentingan pribadi atau KPU untuk itu,” tandasnya. (mcb)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA