Wakil Bupati Natuna Hj Ngesti Bantu Korban Kebakaran di Desa Ceruk Bunguran Timur





WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Wakil Bupati Natuna mengunjungi Korban Kebakaran Rumah di Desa Ceruk. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Kabupaten Natuna, Kartina Riawita, S.Sos mengunjungi korban kebakaran rumah Bujang Nazar di Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu,(18/8/2018) lalu.

Dalam kunjungannya Ngesti memberikan ucapan turut berduka atas musibah tersebut dan memberikan semangat kepada korban serta tidak lupa memberikan bantuan pribadi kepada pihak keluarga korban berupa barang-barang kebutuhan pokok dan pakaian layak pakai.

Istri korban Warusinah menyampaikan, saat kejadian posisinya sedang berada diluar rumah sambil menyambut rumput di pekarangan rumahnya. Dikarenakan cepatnya api menjalar dan ditambah oleh kencangnya angin yang bertiup, api tidak bisa dipadamkan.

Kejadian ini terjadi diduga akibat konsleting arus listrik, karena sebelumnya korban tidak sedang memasang,

“ Saat terjadi kebakaran, suami saya bekerja di tempat lain dan saat itu asap keluar dari pintu dan saya segera mencoba memadamkan api bersama masyarakat lain nya, namun kondisi angin yang kencang membuat api semakin besar dan rumah habis terbakar disaat tim pemadam datang,” tambah Warusinah.

Selanjutnya Ngesti menyampaikan akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan PPA untuk segera memberikan pengajuan usulan bantuan, karena sesuai dengan aturan yang ada, Pemerintah Kabupaten Natuna akan memberikan bantuan kepada korban bencana sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Setelah kejadian, Ngesti bersama Kepala Desa Ceruk langsung mencarikan tempat tinggal sementara bagi korban, yang mana lokasinya ada di Pasar Ceruk.

Diakhir kunjungan Ngesti menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada ketika menggunakan listrik baik untuk masak dan yang lainnya begitu juga dengan peralatan rumah tangga lainnya.

Dalam kejadian tersebut tersbut tidak ada korban jiwa, hanya saja satu rumah ukuran 6 x 15 M yang berada di Jalan Ahmad Linggang RT 5/ RW 2 Desa Ceruk ludes di lahap si jago merah.

Kronologis Kebakaran

Sementara itu, kejadian terbakarnya rumah berukuran 15×6 meter persegi tersebut, terjadi saat Bujang Nazar tengah bekerja, sementara istrinya sedang membersihkan halaman disekitar rumahnya.

Kepala Desa (Kades) Ceruk, Aramli, menerangkan, awalnya dirinya melihat kepulan asap tebal dari pintu rumah korban. Mengetahui kejadian tersebut, ia bersama warga lainnya, berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

“Angin kencang membuat api cepat membesar dan susah untuk dipadamkan,” kata Aramli.

Ia pun sudah berupaya menghubungi petugas pemadam kebaran. Namun naas, ketika para petugas pemadam kebakaran tiba di TKP sekitar pukul 09:15 Wib, sijago merah telah berhasil melalap seluruh bangunan dan seisi rumah korban.

Kata Aramli, untuk sementara keluarga korban akan diungsikan di sebuah bangunan Pasar Tradisional, yang ada di Desa Ceruk.

Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.(*)

Sumber: Humas Natuna/ Riky Rinovsky



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA