Pelibatan TNI dalam Program Pemerintah Sesuai UU TNI Nomor 34 Tahun 2004



WARTAKEPRI.CO.ID, BANJARNEGARA – Hal tersebut dikatakan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD dalam amanatnya pada Upacara Penutupan TMMD 102, yang disampaikan Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, di Lapangan Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum.

Danlanal Cilacap selaku Inspektur Upacara (Irup), lebih lanjut mengatakan bahwa pelibatan TNI dalam program pemerintah telah tertuang dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Yakni memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat. Rabu (8/8/18).

Baca Juga :  Danrem 033/WP dan Wabup Tinjau Lahan Marko Kodim dan Sawah di Lingga

“TNI AD berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai kekuatan pertahanan. Meskipun tugas pokok tentara adalah menjadi yang terdepan di masa konflik, namun dimasa damai, tentara juga wajib berkontribusi dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” terang Kasad.

“Hal tersebut dimanifestasikan di lapangan, membantu program pembangunan untuk mengatasi kesulitan rakyat, sebab di masa damai pada hakekatnya adalah masa persiapan untuk perang,” tegasnya.

Baca Juga :  Wabup Banjarnegara Promosikan Opak di Lokasi TMMD

Selanjutnya, untuk lebih mempererat silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dengan rakyatnya, maka para anggota Satgas TMMD Wajib tidur dirumah dan makan bersama masyarakat, dengan memanfaatkan ULP Prajurit yang telah diberikan oleh Komando Atas.

“Sejarah perjuangan bangsa kita telah membuktikan bahwa TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat dalam merebut kemerdekaan. Sampai kapanpun, roh TNI adalah Rakyat, karena tanpa rakyat, TNI bukanlah apa-apa.” pungkas Kasad. (*)

Baca Juga :  Kodim 0316 Batam Kembali Aktifkan Patroli Malam, Inilah Tujuan dan Target Sasarannya

Sumber : Pendim0704bna


DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA



Berita Terkait