Nelayan dan Pengelola Wisata Kampung Terih Selamatkan Tiga Ekor Penyu Terjerat Bubu

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 54

WARTAKEPRI.CO.ID, BATAM – Tiga ekor Penyu ukuran besar yang terjerat Bubu (perangkap ikan) di bibir pantai wisata Kampung Terih, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, berhasil diselamatkan nelayan setempat.

“Masing-masing Penyu itu beratnya 60 Kg dan ditemukan beberapa waktu lalu oleh nelayan,” kata Koordinator Penjelajah Alam Kepri (PARI), Sanca, kemarin.

Saat ini, sebut Sanca melanjutkan, ke tiga Penyu tersebut untuk sementara dibuatkan tempat yang khusus di lokasi wisata Kampung Terih. Hal itu dilakukan agar Penyu bisa mendapatkan perawatan yang baik.

“Karena masih terdapat parasit yang menempel di bagian tubuhnya. Jika nanti udah pulih, Penyu-penyu ini akan kita kembalikan ke habitatnya,” jelas dia.

Kehadiran reptil bersisik berkaki empat di tempat wisata terpopuler versi Kementrian Pariwisata pada tahun lalu ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung.

“Untuk melihat Penyu ini, bisa datang langsung ke lokasi wisata Kampung Terih,” ujar Sanca.

Selain itu, tambah Sanca, di lokasi wisata Kampung Terih ini juga terdapat beragam wahana foto selfi, wisata jelajah manggrove, pasar manggrove, arena mancing mania, atraksi panahan, live musik Melayu serta tariannya yang bisa dinikmati oleh pengunjung sembari bersantai.

“Semua itu kami ciptakan untuk dapat dinikmati para pengunjung yang datang,” imbuhnya.

Tekad pengelola demi mewujudkan tempat wisata ini kian berkembang tak terlepas dari semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisata. Hampir di setiap bulannya Kampung Terih menampung tiga ribu wisatawan yang datang.

“Itu yang menjadi alasan kami untuk dapat terus mengembangkannya,” beber Sanca yang juga pengelola tempat wisata Kampung Terih ini.

Masih kata Sanca, disamping peran masyarakat setempat, pihak pengelola juga di dukung oleh Kementrian Pariwisata dan pemerintah daerah. Bahkan, wisatawan asal Taiwan pun memberikan bantuan untuk melengkapi wahana dan pelantar baru di pinggir pantai.

Hanya saja, menurut Sanca kendala yang dirasakan saat ini oleh pengelola adalah akses kendaraan yang terbatas. Pihaknya kesulitan dengan keterbatasan lahan parkir kendaraan yang hanya muat untuk 3 bus diparkir di pinggir jalan.

“Kami berharap pemerintah dapat membantu mendatangkan alat berat (beko) untuk bisa membuat lahan parkir secepatnya,” pintanya. (amr)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 54
DEWAN PERS WARTAKEPRI
BANNER BOTANIA

PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA

Berita Terkait


DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA