Karena Rasa Penasaran Terhadap Kepri, Dubes AS Putuskan Rayakan Independence Day Perdana

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WARTAKEPRI.co.id, KEPRI – Rasa penasaran Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan terhadap Kepri yang selama ini hanya didengar melalui cerita warga AS, membuatnya berkunjung ke Kepri Senin (9/7/2018) . Bahkan Joseph memutuskan melaksanakan perayaan Indenpendence Day 424 th Negarmea Arika Serikat untuk pertama kalinya di Best Western Premier Hotel Batam.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun tidak menyia-nyiakan kesempatan kunjungan Dubes AS dan perayaan Kemerdekaan Negara AS di Batam tersebut. Dihadapan Dubes AS Joseph, Konsul AS Juha P Salin, para Diplomat AS, para pengusaha AS, dan warga AS yang ada di Kepri dan Singapura, Nurdin menjamin keamanan berinvestasi di Kepri. Dan hal tersebut untuk tahap awal sudah dibuktikan oleh Dubes AS Joseph dengan digelarnya Independence Day AS 242th di Batam.

“Perjalanan Dubes AS Joseph aman dan lancar di Kepri. Termasuk perayaan hari Kemerdekaan AS ini berlangsung khidmat dan aman penuh keakraban. Ini menandakan Kepri sangat kondusif untuk berinvestasi,” tegas Nurdin.

Selain keamanan, Nurdin mengatakan akan menjamin kelancaran dan kemudahan dalam pengurusan izin jika Negara AS menambah investasi di Kepri.

Soal infrastruktur dan posisi strategis Kepri, ditegaskan Nurdin tidak perlu diragukan lagi oleh Negara AS.
Selain berada di jalur perdagangan internasional tersibuk di dunia, jalan-jalan di Batam sudah sangat lebar untuk kelancaran transportasi. Begitu juga dengan pelabuhan-pelabuhan laut dan udara.

Untuk investasi selanjutnya, Nurdin menawarkan kerjasama dalam bidang teknologi dan peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia, Budidaya perikanan serta pariwisata. Kerjasama tersebut tidak hanya untuk Batam, tetapi juga Karimun, Lingga, Bintang, Anambas dan Natuna.

Sementara itu Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan merasa senang berada di Kepri karena rasa penasarannya sudah terjawab.

Berkunjung langsung ke Kepri, melaksanakan beberapa pembicaraan dengan Gubernur Kepri dan perusahaan Amerika di Batam terkait investasi dan menyelenggarakan perayaan Independence Day 242th di Batam merupakan sebuah perjalanan yang berkesan bagi Joseph. Dan dihadapan para tamu, Joseph berjanji akan membawa kabar soal Kepri ini langsung ke para pengusaha AS.

“Ini kunjungan saya pertama ke Batam dan ke-6 kalinya ke wilayah Sumatera. Kepri memang spesial. Dan sebuah kehormatan bagi kami karena acara kami dihadiri Gubernur Kepri. Dan semoga Kepri dan AS bisa bekerjasama diberbagai bidang lebih banyak lagi. Sampaikan ke masyarakat Kepri, bahwa antara Negara AS dan Kepri punya cita-cita yang sama, yakni melaksanakan perdagangan bebas yang adil dan saling menguntungkan. Tujuan kita membangun kemitraan yang saling menguntungkan antara antara Kepri dan AS,” jelasnya.

Perayaan Independence Day 242 Negara Amerika Serikat jatuh pada tanggal 4 Juli setiap tahunnya.

Perayaan perdana di Batam dengan tamu yang tak lebih dari 100 orang tersebut, diawali dengan mengibarkan bendera kedua Negara, dan diiringi oleh lagu Kebangsaan Indonesia serta disusul lagu Kebangsaan Amerika Serikat. Dilanjutkan dengan kesan Dubes AS selama berkunjung ke Batam dan diakhiri dengan sesi foto dan beramah tamah dengan para diplomat serta pengusaha AS yang hadir.

Sumber : Humas Pemprov Kepri

Foto       : Humas Pemprov Kepri

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA

Berita Terkait