Gubenur Kepri : Menawarkan Kerja Sama Investasi AS Diperbanyak Kepada Dubes AS

WIRARAJA

WARTAKEPRI.co.id, KEPRI – Pemerintah Amerika Sarikat menyatakan komitmennya untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi di Indonesia. Kepri, menawarkan dan meminta agar investor AS memperbanyak investasi di Kepri, baik di Batam, Bintan, Karimun, Natuna atau Anambas.

Demikian hasil perbincangan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Duta Besar Amerika Sarikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr di Graha Kepri, Senin (9/7). Pertemuan lebih banyak membincangkan peluang-peluang investasi di wilayah Kepri.

Gubernur Nurdin mengatakan, investasi AS di Kepri belum terlalu banyak. Kepada Dubes Joseph, Nurdin menawarkan investasi di berbagai bidang, seperti perusahaan teknologi, informasi, turisme, dan banyak lagi. Sektor perikanan mendapat porsi lebih dalam perbincangan tersebut.

Soal investasi yang belum banyak, Joseph mengatakan akan menyampaikannya ke perusahaan-perusahaan AS. Karena dia tahu banyak perusahaan yang tertarik meningkatkan bisnis di Indonesia. Termasuk Kepri.

Menurut Nurdin, soal keamanan, kepastian hukum dan sumber daya manusia Kepri punya. Banyak perusahaan, termasuk dari AS yang menggunakan SDM lokal.

Dubes Joseph pun mengakui hal itu. Joseph mengatakan baru bertemu dengan sejumlah perusahaan AS di Batam dan mereka menyampaikan hal yang sama seperti yang dikatakan Nurdin.

Dalam perbincangan itu, Joseph mengatakan, salah satu produk yang penting adalah seafood. Amerika sangat tertarik, apalagi ketersediaan yang berkelanjutan terjamin. Malah Joseph menanyakan soal budidaya perikanan di kawasan ini.

Nurdin menjelaskan, luas Kepri 96 persennya terdiri dari lautan. Perikanan tangkap dilakukan banyak nelayan. Tapi untuk budidaya, kondisi perairan Kepri sangat mendukung. Nurdin yakin pengusahaan AS bisa berinvestasi untuk itu. Malah bisa memasok untuk AS juga.

Joseph melihat investasi untuk industri perfilman menunjukkan perkembangan yang baik. Dianyakin industri ini akan tumbuh di Kepri. Apalagi sebelumnya dia sempat beekunjung ke Infinite Studio, di Nongsa Batam.

Ini merupakan kunjungan perdana Dubes AS ke Kepri. Dia mengaku sangat tertarik dengan provinsi ini. Tertarik mempelajari Kepri. Terlebih untuk scuba dive.

Saat ini, memang sedang dilakukan pertukaran antar masyarakat. Joseph juga sudah menemui sejumlah warga Kepri yang pernah mengikuti pertukaran itu. Mereka merupakan duta yang akan meningkatkan hubungan kedua negara.

Gubernur Nurdin juga menawarkan Dubes Joseph untuk berkunjung ke Pulau Bintan, dan Tanjungpinang, Ibu Kota Kepri. Di Bintan banyak lokasi yang bagus untuk pariwisata. Ada juga kawasan ekonomi khusus. Nurdin yakin, pas melihat Bintan, akan banyak muncul ide baru dan bisa disampaikan ke perusahaan perusahaan Amerika.

“Kunjungan selanjutnya saya akan ke Bintan,” kata Dubes Joseph.

Joseph mengaku senang bahwa kali ini pihaknya bisa menyelenggarakan Independent Day Celebretion di Batam. Ini adalah untuk pertama kalinya resepsi kemerdekaan tersebut digelar di Batam. Dengan acara seperti ini, kata Joseph, akan menarik banyak investasi ke Batam.

“Terima kasih dibuat acara di Kepri. Mudah-mudahan acara ini semakin mendekatkan pengusaha AS dengan Kepri, sehingga mereka semakin tertarik untuk investasi di sini,” kata Nurdin.

Sumber : Humas Pemprov Kepri

Foto      : Humas Pemprov Kepri

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 56
DEWAN PERS WARTAKEPRI
BANNER BOTANIA

PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA

Berita Terkait


DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA