Trafik Tri Melonjak Dikarenakan Mobile Legends

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WARTAKEPRI.co.id – Operator telekomunikasi PT Hutchison 3 Indonesia mencatatkan lonjakan trafik data sepanjang periode libur Lebaran tahun ini. Lonjakan trafik itu terdorong oleh kenaikan aktivitas penggunanya yang memainkan aplikasi gim Mobile Legends.

“Pelanggan milenial Tri menikmati masa liburan dan perjalanan mudik Idul Fitri dengan mengakses aplikasi games online yang sedang tren saat ini, Mobile Legends. Sebanyak 91% lonjakan trafik data didominasi aktivitas ini,” ujar DGM Corporate Communications PT Hutchison 3 Indonesia Arum K. Prasodjo dalam keterangan resmi, Selasa (19/6/2018).

Di samping itu, trafik layanan data Tri turut terdongkrak oleh kenaikan akvitas aplikasi WhatsApp  dan YouTube.

Sepanjang periode libur Lebaran tahun ini, trafik layanan data jaringan Tri meningkat 90% periode yang sama tahun sebelumnya. Lonjakan trafik tersebut setara dengan kenaikan 11% dibandingkan penggunaan layanan data hari biasanya.

Operator telekomunikasi itu turut melihat adanya pergeseran trafik data yang sebelumnya terpusat di kota besar, mulai terdistribusi ke sejumlah kota tujuan arus mudik. Lonjakan trafik data tertinggi terjadi pada Cianjur, Cirebon, Purwokerto, Kediri, serta Sidoarjo mulai H-6 arus mudik tahun ini.

Chief Technology Officer Tri Indonesia Desmond Cheung menyatakan perusahaannya meningkatkan kualitas layanan dengan mentransformasikan core network system yang tersebar di 19 kota di Indonesia. Dengan pengaturan trafik data Tri yang tidak terpusat, akses layanan pelanggan tidak terkendala selama periode mudik Lebaran.

“Dengan sistem ini memudahkan kami meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Pelanggan Tri dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat,” ujarnya.

Selain itu, Tri juga menggelar penambahan kapasitas jaringan di 5.300 BTS yang terdiri atas 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2.100 MHz.

Operator itu mengklaim telah mengoperasikan sebanyak 55.000 unit BTS. Sebanyak 15.000 di antaranya merupakan BTS berspesifikasi jaringan 4G LTE .

Tri turut mengoptimalkan jaringan yang sudah tersedia pada sepanjang 2.600 km jalur mudik, yaitu jalur Jakarta—Surabaya, Jakarta—Merak, Jakarta—Bandung, Bandung—Yogyakarta, serta jalur Pantura dan Pansela. Di samping itu, Tri menempatkan sejumlah mobile BTS di Jawa dan Sumatra untuk mengoptimalisasi layanan.

Sumber : industri.bisnis.com

Foto       : Istimewa/net

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA

Berita Terkait