Kadin Kepri Minta Dukungan BJ Habibie terkait Penerapan FTZ Plus Plus di Batam

DEWAN PERS WARTAKEPRI

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri berkunjung ke kediaman mantan Presiden RI Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Senin (11/6/2018). Dalam kunjungan tersebut, Kadin Kepri meminta dukungan BJ Habibie terkait penerapan FTZ Plus Plus di Pulau Batam.

Pertemuan rombongan Kadin Kepri yang dipimpin Ketua Kadin Kepri Akhmad Maruf Maulana dengan BJ Habibie berlangsung hangat. Dalam kesempatan tersebut, Maruf menyampaikan maksud kedatangan pengurus Kadin Kepri kepada BJ Habibie yang juga mantan Kepala Otorita Batam (OB).

“Kami berkunjung ke kediaman Bapak BJ Habibie untuk meminta dukungan Free Trade Zone (FTZ) Plus Plus. Dengan harapan semakin banyak investor yang masuk dan perekonomian Batam meningkat dan mampu mencapai angka 7 persen,” ujar Maruf.

Harapan tersebut disambut baik BJ Habibie. Sebagai mantan Kepala BP, yang dulu bernama Otorita Batam, BJ Habibie paham betul bagaimana Pulau Batam dibangun yang awalnya hanya berpenduduk 6.000 orang, kini tumbuh dan berkembang pesat.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Menristek RI di era Presiden Soeharto ini secara ringkas menceritakan bagaimana pengalamannya membangun Batam. Letak Batam yang strategis karena berhadapan langsung dengan Singapura semakin mendorong BJ Habibie membangun Pulau Batam menjadi kawasan yang maju dan berkembang.

Saat itu, BJ Habibie mulai merancang dan merintis beberapa pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan, jembatan, jalan, dan lainnya. Pembangunan beberapa infrastruktur, seperti pelabuhan dan jembatan untuk memacu pertumbuhan ekonomi di Batam dan menjadikan Batam sebagai salah satu kawasan tujuan investasi dari luar negeri.

BJ Habibie mengapresiasi semangat yang ditunjukkan Kadin Kepri mengawal Batam sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (KPBPB/FTZ) Batam sehingga bisa maju dan berkembang seperti sekarang ini.

BJ Habibie juga menyambut baik usulan kalangan dunia usaha di Batam agar status FTZ Batam saat ini semakin diperkuat. Bahkan Kadin Kepri secara khusus meminta dukungan kepada BJ Habibie agar kawasan ekonomi Batam semakin diperkuat menjadi FTZ Plus Plus.

Menindaklanjuti pertemuannya dengan Kadin Provinsi Kepri terkait status kawasan ekonomi Batam, BJ Habibie akan mengagendakan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. “Bapak BJ Habibie akan bertemu dengan Presiden. Dalam pertemuan nanti, BJ Habibie akan memberikan masukan secara konkret demi kepentingan nasional,” ujar Maruf.

Dalam kunjungan kali ini, Ketua Kadin Kepri Akhmad Maruf Maulana didampingi beberapa Wakil Ketua Kadin Kepri, di antaranya; Heri Supriyadi, Oesman Hasyim, Junaidy, Safruddin Andi Bola, Martin Tandirura, dan Budi Kristiady. (*)

Sumber: Kadin Kepri

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 55

WIRARAJA
PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
BANNER BOTANIA

Berita Terkait


DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA