Pemprov Sumbar akan Relokasi PKL Kelok Sembilan, Ini Alasannya

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.CO.ID, SUMBAR – Safari Ramadhan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit melakukan kunjungan ke Masjid Istiqomah Nagari Lubuak Alai Kecamatan IX Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (28/5/2018).

Pada kesempatan itu Ia menyatakan akan menata serta mengelola Kelok Sembilan untuk kenyamanan dan ketertiban arus jalan, terutama menjelang lebaran.

Ketentuan menjadikan ruas jalan tempat jualan ini amat bertentangan dengan aturan lalu lintas (UU No. 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dan Peraturan Pemerintah No 34 tahun 2006 tentang jalan).

“Juga menganggu arus jalan serta merusak keindahan jalan Kelok Sembilan yang kita banggakan,” tambahnya.

Kedepan, sambung dia, Pemrov Sumbar bersama Kementrian Pekerjaan Umum akan memperindahnya dengan membangun Menara Pandang dan fasilitas lain bagi PKL sebagai kebutuhan wisata serta perkembangan UKM yang lebih baik tertata rapi di Limapuluh Kota.

Oleh karena itu, Wagub mohon dukungan masyarakat, para ninik mamak, bundo kanduang, pemuka tokoh, dan pemuda untuk pelaksanaan kegiatan realokasi PKL Kelok Sembilan dapat berjalan dengan baik, aman, damai oleh tim terpadu menjelang lebaran.

Hadir dalam kesempatan itu Asisten Pembangunan dan Kesra, Kadis Perikanan, Kadis Pariwisata, Bappeda, Dinas Kesehatan, Biro Bina Mental dan Kesra, Asisten Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota, Kapolres, Kapolsek, Forkopimda dan beberapa OPD Pemkab Limapuluh Kota, Camat, KAN serta Bamus Nagari Lubuak Alai.

Wagub Nasrul Abit menyampaikan bahwa Masjid Istiqamah Lubuak Alai ini sangat luar biasa bagus dan bersih. Mudah-mudahan ini menandakan masyarakatnya hidup dengan damai dan sejahtera.

“Rasanya tidak pantas untuk dibantu oleh Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar, namun karena sudah terjadwal kami serahkan bantuan Rp. 20 juta, 30 Al Qur’an dan 10 kain sarung untuk pengurus Masjid,” ungkapnya.

Menurutnya, Nagari Lubuak Alai bukan daerah tertinggal akan tetapi masyarakat telah maju dan sejahtera karena gambir. Kelesuan ekonomi yang hari ini melanda, itu hanya karena harga gambir turun.

Wagub mengaku senang melihat anak-anak muda Lubuak Alai kreatif dan aktif ikut serta menyukseskan penyelenggaraan acara ini. Ia berharap anak-anak muda di sini tidak terlibat dalam paham agama radikal yang membuat terorisme dibeberapa daerah di Indonesia.

Para polisi siaga satu dalam menjaga aktivitas ibadah Ramadhan di manapun. Baik Polsek, Polres di daerah dan bahkan Polda di Provinsi.

“Kita berharap Walinagari Jorong agar menanyakan setiap pendatang baru, siapa namanya, apa tujuannya ke sini dan apa kegiatan yang dilakukanya,” himbaunya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, jika ada aspirasi soal pembangunan jalan yang berkaitan dengan kewenangan Provinsi, silahkan usulkan agar dibahas untuk anggaran 2020. Sebab anggaran untuk 2019 sudah masuk dalam Musrenbang 2018.

Dan soal keinginan masyarakat akan pembangunan sekolah mesti ada sertifikat tanah untuk jaminan sekolah tersebut, untuk pembangunan SMK sesuai dengan kebutuhan skil masyarakat di sini akan dibantu.

“Silahkan kunjungi Dinas Pendidikan Provinsi, dimasukan proposal dan dibicarakan, jika perlu langsung meninjau lokasi pembangunan, apakah sudah ada sertifikat dan kesepakatan masyarakat setempat,” kata dia.

Kemudian pihaknya juga berharap semua elemen masyarakat agar terlibat dalam upaya menjaga keamanan dan ketentraman hidup di lingkungan masing-masing termasuk menjaga pada kegiatan menjalankan ibadah puasa dengan menjelang Idul Fitri.

Kapolres Limapuluh Kota, Haris Hadis dalam kesempatan itu juga menyampaikan terkait kerjasama masyarakat dengan Kapolsek dan Babinsa sudah berjalan baik. Semua polisi saat ini melakukan siaga satu, mohon maaf karena saat ini semua kendaraan masyarakat tidak bisa masuk dilingkungan kantor Polres Limapuuh Kota dimasa siaga satu ini.

Kapolres juga meminta agar Siskamling mesti diaktifkan kembali ditengah masyarakat. Informasi soal narkoba, judi jekpot dilarang dalam beberapa kejadian sudah ditangkap dan diberi pembinaan, mudah-mudah tidak ada lagi.

Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten Pemerintahan, Dedi Permana, menyampaikan, mendapat kehormatan kedatangan Wagub dan rombongan Tim Safari Ramadhan hadir di Masjid Istiqomah Lubuak Alai dan masyarakat sangat senang menerimanya.

Asri Dt Rajo Lelo, Walinagari Lubuak Alai, menyampaikan Lubuak Alai salah satu dari 7 nagari di Kecamatan Kapur IX. Kendala yang tampak hari ini oleh masyarakat ingin ada pembangunan infrastruktur jalan, pelebaran dan genase jalan serta normaliasi air dan parit dipinggir jalan.

Penyelenggaraan pendidikan di sekolah sangat kondusif, anak-anak dapat belajar dengan baik. Sudah ada 2 SMA, namun belum ada SMK.

“Kami masyarakat telah menyediakan lahan tanah seluas 2 ha untuk mendirikan pembangunan SMK sesuai kebutuhan daerah dan anak-anak kami bisa bersekolah sesuai dengan bakat dan kemampuan diri untuk masuk pasar kerja nantinya,” ucapnya. (*)

Sumber: Rilis Zardi Syahrir

Foto: Tribun Sumbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG