Balai Karantina Pertania Tanjungpinang Pantau Hama Tanaman di Anambas



WARTAKEPRI.co.id ANAMNAS – Balai Karantina Kelas II Provinsi Kepulauan Riau lakukan Pengawasan dan pendataan Hama Penyakit Tanaman di Desa Bukit Padi, Kamis (3/5/2018)

Pengambilan Semple Hama Penyakit terhadap Tanaman di Desa Bukit Padi oleh Karantina Kelas II Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau berjalan lancar.

Murpi Udin SP,Selaku Ketua Pemantau Daerah Sebar Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Oganisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK) Tahun 2018,Balai Karantina Kelas II Tanjung Pinang saat di Konfirmasi daerah pemantauan terdiri dari kabupaten Bintan, dan Anambas, memantau Keberadaan hama yang ada di kabupaten Anambas.

Namun sampai saat ini ada sekitar 16 tanaman antaranya adalah tanaman Padi, Jagung, Jeruk, Pisang, Karet, Semangka,Tanaman Buah Buahan seperti Mangga Rambutan, Nenas, Pare, Gambas, Kelapa, Cabe, Jambu Air,dan Singkong

Target ada Dua Kecamatan yaitu Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur, dan sudah memenuhi Kebutuhan Target.

Bintan yang sudah dilaksanakan terkait pengawasan hama tersebut terdapat beberapa hama penyakit antaranya daun buah akar,dan saat ini baru Anambas yang melakukan pengawasan hama tersebut. Tepatnya di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur,sementara di Kecamatan Jemaja pengawasan Hama Tanaman Karet dan Jeruk.

Ir.Khalid Daulai beliau Selaku Kepala Seksi Karantina Kelas II Tanjung Pinang menjelaskan terhadap tujuan kegiatan ini terhadap para Petani dengan Kedatangan Karantina di Dua Kecamatan di Pulau Jemaa. Keegiatan tersebut dapat di Jabarkan keuntungan bagi para petani adalah setelah Data Hama dari pihak Karantina diserahkan ke pihak Dinas maka Pemerintah daerah akan memikirkan cara penanganan hama yang merasa merugikan para petani.tuturnya.

Ir Khalid Daulai Menghimbau Kepada Para Petani dalam membudidayakan Bibit tanaman wajib Menggunakan Bibit berkwalitas karena kalau menggunakan menggunakan Bibit yang tidak berkwalitas akan menguras Biaya yang sangat besar sehingga peningkatan Kwalitas di sektor pertanian sesuai tujuan para petaninya dan yang paling utama adalah terbebas dari Hama penyakit.(Mad)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA