Aunur Rafiq Targetkan Kecamatan Buru Karimun Sentra Benih Ikan di Kepri

Bupati Karimun Panen Tambak





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kecamatan Buru di Kabupaten Karimun akan menjadi pusat pembenihan ikan untuk Wilayah Kepri. Hal ini disampaikan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menabur bibit ikan salah satu tambak milik warga Tanjungbatu Kecil, Buru Karimun Kepri, beberapa waktu lalu.

“ Di pusat pembibitan itu nantinya juga bisa meberikan pelatihan, serta menerima kelompok nelayan yang akan magang,” kata Rafiq, saat ditemui di Karimun, Jumat (27/4/2018).

Sebanyak 8.000 benih ikan yang disebar oleh Rafiq di lokasi itu terdiri dari jenis bawal dan kerapu. Saat ini, seluruh benih yang ditebar masih dipasok dari Balai Benih Ikan Kota Batam.

Namun ke depannya, dia berharap Tanjungbatu Kecil dapat berperan sebagai pusat benih Karimun. Untuk mendukung rencana tersebut, Rafiq menyebur, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak dan akan mengagendakan pelatihan pembenihan.

Menurut dia, pemilihan Buru menjadi sentra pembibitan ikan karena sejumlah pertimbangan ekologi dan ekonomi. Selain disebut potensinya cukup menjanjikan, pemilihan wilayah Buru sebagai lokasi pembiakkan oleh Balai Benih IKan Kota Batam selama ini menurut dia adalah sebuah bukti jika lokasi itu mampu dan memenuhi syarat untuk membiakkan beberapa jenis ikan.

Rafiq bahkan berharap Buru dapat menyuplai bibit hingga ke luar wilayah kabupaten.(*)

Sumber: Gani/BatamClick





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA