Dorong Pengembangan Wisata Berbasis Desa, Kemenpar Adakan Bimtek di Kepri


WARTAKEPRI.CO.ID, TANJUNGPINANG – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong Provinsi Kepulauan Riau mampu mengembangkan Desa Wisata dan Homestay untuk menunjang destinasi pariwisata berbasis desa, Kamis (19/04/18).

Program pengembangan tersebut berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Destinasi Pariwisata melalui pengembangan  Desa Wisata dan Homestay di Kepulauan Riau dilaksanakan di Hotel CK Tanjung pinang. Acara yang dihadiri 50 peserta dari 7 Kabupaten/Kota tersebut dihadiri oleh perwakilan desa yang memiliki potensi wisata dan homestay di daerah. 

Baca Juga :  Teguh : Calo Imigrasi, Rekayasa Helm Seakan Pengurusan Paspor Sukar di Batam

Agus Suprihastono Kepala Bidang Pariwisata Area 2 (Sumbar dan Kepulauan Riau) mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mendorong kesiapan Provinsi Kepri dalam mengembangkan pariwisatapedesaan berbasis homestay. Agus menambahkan,  Kepri sebagai pintu gerbang wisatawan mancanegara nomor tiga setelah Bali dan DKI Jakarta, diharapkan mampu meningkatkan destisnasi pariwisata tersebut. 

“Harapannya mereka yang mendapat bimbingan tersebut mampu berkreatifitas mengembangkan daerah-daerah berpotensi wisata di pedesaan”, ujar Agus. 

Baca Juga :  Ini 30 Nama Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Asian Games 2018, Nomor 28 Bikin Berpelukan

Agus menambahkan daerah perkotaan seperti Batam memiliki banyak fasilitas wisata, namun jangan sampai wisatawan mancanegara berbasis alam tidak mendapat fasilitas di desa. Acara tersebut juga merupakan panduan bagaimana mengembangkan desa menjadi daerah pariwisata di daerah. 

Salah satu peserta Bimtek, Zefran dari Kabupaten Bintan mengaku mendapat masukan yang baik terhadap acara tersebut.

Baca Juga :  Wabup Dalmasri Lepas Kontingen Raimuna Nasional Kwarcab Bintan

“Acaranya bagus dan mudah-mudahan bisa diaplikasikan dilapangan”, tutupnya.(*)

Tulisan: Haris Daulay

Ikuti Berita Terbaru Kami


DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS