Inilah Potensi Pertanian di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur, Semoga Dilirik Investor

Wartakepri, Nurdin Melihat Padi di Anambas

Wartakepri, Nurdin Melihat Padi di Anambas



Wartakepri.co.id Anambas – Dataran yang terhampar luas di daerah Lahan Pertanian yang terletak di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur memang menjanjikan. Pantauan media, terlihat dari hasil pertaniannya tampak disepanjang Jalan Raya Desa Bukit Padi terlihat Kios Kios Kecil dipenuhi buah buahan dan sayuran hasil dari pertanian di desa tersebut, Senin (10/4/2018).

Istri dari bapak Tukiran salah satu warga Desa Bukit Padi sekaligus pemilik kios kecil yang terletak di pinggir jalan simpang Jalan Menuju Bandar Udara Letung menyusun jualannya berupa Buah Semangka,Buah Melon, Buah Jagung,dan benerapa Sayuran seperti Labu, Terong, Buncis, Gambas, Pare.

Tidak mahal kata ibuk penjual buah tersebut Semangka ada dua jenis warna yaitu warna kuning dan warna merah namun harga perkilonya hanya dihargai sekitar Rp. 10.000 per kilogramnya. Tidak ada beda antara semangka merah maupun semangka yang berwarna kuning.

Sementara Buah melon dihargai Sekitar Rp.15.000 per Kilogramnya, untuk buah jagung dengan berat 1,8 Kilo Gram dihargai sekitar Rp.20.000 jika dihitung jumlah jagungnya berjumlah 5 Buah.

Sedangkan harga sayuran yang tergabung di antara buah semangka,melon dan jagung tersebut berkisar Rp.7.000 Untuk Sayuran jenis Timun perkilonya.

Untuk sayuran Gambas berkisar Rp.15.000 perkilonya, sayur Labu atau kerap di sebut oleh warga setempat Labu Air berkisar Rp.5.000 perkilonya,namun pihaknya ada yang menjual per Buah yaitu Rp.5.000 untuk yang berukuran Besar sedangkan yang berukuran kecil atau sedang dihargai sekitar Rp.10.000 per Tiga(3) buah.

Terakhir Sayur Buncis perkilonya Rp.20.000, Sayur Pare dihargai sekitar Rp.20.000perkilonya,dan Sayur Terong dihargai sebesar Rp.20.000.

Tampak terlihat di sepanjang Jalan di Desa Bukit Padi selain dari hasil sawah yang melimpah berupa buah dan sayuran saat ini juga para petani di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas sedang melakukan Panen Padi kegiatannya juga masih menggunakan Sistim Gotong Royong.alias saling membantu sesama petani yang ada di Desa Bukit Padi.

Sedangkan perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sangatlah besar seperti saat ini akan dilaksanakan pemeliharaan dan pembuatan Irigasi pembuangan dari Sekunder menuju Tersier ke sawah sawah milik masyarakat,serta perawatan jaringan Irigasi sepanjang yang dibutuhkan masyarakat Petani itu sendiri tutur Kabid Sumber Daya Air SDA Joni Tripardi beberapa waktu yang lalu.(Mad).







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA