KPU Tetapkan Bintan 4 Dapil dengan 148 Ribu Penduduk Untuk 25 Kursi DPRD

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

WARTAKEPRI.CO.ID, BINTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah mengeluarkan surat keputusan terkait dengan pembagian Bintan kedalam 4 Daerah Pemilihan (Daerah Pemilihan). Adapun surat tersebut tertuang dalam surat Keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 273/PL01.3–KPT/06/KPU/IV/2018 Tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau. 

Surat tersebut membagi Kabupaten Bintan menjadi 4 Dapil antara lain, Dapil I meliputi Kecamatan Teluk Sebong (16.519 Jiwa), Teluk Bintan (10.737 Jiwa), Gunung Kijang (13.049 Jiwa) dan Toapaya (11.549 Jiwa). Dapil II terdiri dari Kecamatan Bintan Pesisir (7.130 Jiwa), Mantang (4.258 Jiwa) dan Tambelan (4.518 Jiwa). Dapil III terdiri dari Kecamatan Bintan Timur (42.532 Jiwa) dan Dapil  IV terdiri dari Kecamatan Seri Kuala Lobam (16.472 Jiwa) dan Bintan Utara (21.894 Jiwa).

Surat keputusan tersebut membagi Dapil kuota kursi berdasarkan jumlah dan kepadatan penduduk. Adapun jumlah kepadatan penduduk Bintan berdasarkan surat tersebut adalah 148.658 jiwa dengan jumlah Alokasi 25 kursi DPRD Kab. Bintan.

Berdasarkan sebaran penduduk, maka Dapil I Kecamatan Teluk Sebong, Teluk Bintan, Gunung Kijang dan Toapaya dengan penduduk 51.854 jiwa akan mendapat 9 kursi. Dapil II Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang, Tambelan dengan 15.906 jiwa akan mendapat alokasi 3 kursi. Dapil III Kecamatan Bintan Utara dengan jumlah penduduk 42.532 jiwa akan mendapat 7 kursi. Sedangkan Dapil IV Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Bintan Utara dengan jumlah penduduk 38.366 jiwa mendapat alokasi 6 kursi.

Ketua KPU Kab. Bintan, Wandra Fadillah ketika dikonfirmasi sepertinya belum bersedia menanggapi surat keputusan KPU Pusat tersebut. Sambungan telepon dan pesan yang dikirimkan wartakepri.co.id tak kunjung diangkat maupun dibalas. Begitu juga dengan anggota KPU Carnita, sambungan telepon wartakepri tak kunjung diangkat. 

Sementara itu,  Sekretaris DPC Partai Gerindra Kab. Bintan, Dedy Irwanto, ST ketika dihubungi terkait dengan surat keputusan ini menanggapinya secara positif. Irwanto mengatakan sejak awal partainya memang menginginkan penambahan Dapil di Bintan.

“Sejak awal kita meminta penambahan Dapil”, ujar Irwanto melalui pesan singkat. 

Namun demikian Irwanto mengatakan bahwa surat tersebut masih dalam pembahasan di internal DPC Gerindra Kab. Bintan.(*)

Tulisan : Haris Daulay  

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA