Wartakepri, Patung Presiden Soekarno

BNPP akan Bangun Patung Soekarno Di Taman Pantai Kencana atau Simpang Bukit Arai Natuna

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Sebanyak lima pemerintah daerah (pemda) yang termasuk dalam kawasan perbatasan negara menanggapi positif rencana pembangunan monumen patung tokoh kemerdekaan Ir. Soekarno di sejumlah titik lokasi yang akan ditentukan kemudian.

Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong menyambut antusias rencana pembangunan patung Ir. Soekarno di daerahnya. Menurut dia, terpilihnya Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, sebagai salah satu lokasi pembangunan patung Ir. Soekarno merupakan hal yang luar biasa dan dengan setulus hati akan mendukung pembangunannya.

“Ini (akan) menjadi salah satu tempat wisata yang luar biasa ketika selesai dibangun,” kata Helmud, saat rapat implementasi Peraturan Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP ). Tentang Monumen Kawasan Perbatasan Negara, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/3).

Asisten I Pemerintah Kabupaten Berau (Kalimantan Timur), H Anwar, bahkan merekomendasikan lokasi pembangunan monumen di Pulau Maratua. Pasalnya, Pelabuhan Maratua disebut sebagai lokasi yang strategis dan dari sisi estetika viewnya mengarah ke laut dan berhadapan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia dan Filipina.

Senada, tiga perwakilan pemda lain, yaitu Pemkot Medan, Pemkab Talaud dan Pemkab Natuna, juga mengapresiasi dan mendukung rencana pembangunan monumen di wilayah perbatasan.

Bahkan, tiga Pemkab mengusulkan dua alternatif tempat yang dinilai strategis untuk lokasi pembangunan patung Soekarno.

Berikut rekomendasi lokasi pembangunan patung Ir. Soekarno:

1. Kota Medan: Kawasan Lampu Satu, Belawan

2. Kabupaten Natuna: Taman Pantai Kencana dan Simpang Bukit Arai

3. Kabupaten Berau: Pelabuhan Maratua

4. Kabupaten Kepulauan Sangihe: Puncak Lose dan Marore

5. Kabupaten Kepulauan Talaud: Desa Damau (Pulau Kabaruan) dan Pulau Sara’a Besar

Diketahui, berdasarkan Peraturan Kepala BNPP Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Monumen Kawasan Perbatasan Negara, BNPP mengundang sejumlah daerah yang termasuk dalam wilayah perbatasan negara, untuk turut bersinergi membangun patung tokoh kemerdekaan Ir. Soekarno.

Hal ini sebagai salah satu upaya mewujudkan wilayah perbatasan sebagai beranda negara.(Rillis/Rikyrinovsky)

Foto : Istimewa/net

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA