Wartakepri, Satpol PP

Hut Satpol PP ke 68 Bertepatan Dengan Tahun Politik, Kawal Pelaksanaan Pilkada Serentak

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Anggota Satpol PP Kota Batam menarikan Zapin Batam di Dataran Engku Putri Batam, Rabu (14/3/2018). Tarian ini dipersembahkan dalam rangkaian acara Peringatan HUT Satpol PP ke-68, Hari Perlindungan Masyarakat ke-56, dan HUT Pemadam Kebakaran tingkat Kota Batam.

“Biarpun kami tegas dan berwibawa, kami juga pandai menari,” tutur pembaca narasi tari.

Inspektur upacara, Walikota Batam Muhammad Rudi membacakan pidato Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Pesan dari Mendagri pada HUT Satpol PP kali ini adalah meminta Satpol PP dan Linmas untuk kawal pelaksanaan Pilkada serentak.

“Perayaan ulang tahun kali ini bertepatan dengan tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar, yakni pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan,” ujarnya.

Kedua satuan ini harus lebih siaga di tahun politik. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas diminta terlibat langsung dalam mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada.

Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu Mendagri minta Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

Tugas yang sama juga dibebankan kepada Pemadam Kebakaran. Mendagri minta pemadam kebakaran sebagai bagian dari aparat pemerintah harus memiliki kesigapan untuk pastikan Pilkada serentak. Pilkada tahun ini akan digelar diĀ 171 daerah yang terdiri 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten berjalan dengan lancar.

“Damkar bahkan memiliki tugas menghadirkan perlindungan masyarakat mewujudkan suasana teduh dalam masyarakat serta tetap siaga lindungi dan amankan objek vital pemerintah dan masyarakat,” kata dia.

Mendagri juga minta damkar dan seluruh pemangku kepentingan terkait, bekerjasama dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Agar perhelatan olahraga regional yang digelar di Jakarta dan Palembang itu berjalan lancar, tanpa terganggu asap kebakaran hutan.

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA