Pusat Destinasi Kuliner Otak-Otak di Kijang Bintan Bernama Sungai Enam

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39

WARTAKEPRI.CO.ID, BINTAN – Bagi pecinta kuliner otak-otak di Bintan dan Tanjung Pinang, Kelurahan Sungai Enam sudah tak asing lagi. Jika anda memiliki waktu libur dan juga pecinta kuliner, tidak ada salahnya mengunjungi pusat kuliner otak-otak Kampung Sungai Enam. Jika anda datang melalui Kota Tanjung Pinang, cukup menempuh jarak sekitar setengah jam menggunakan mobil ke pusat ekonomi Kabupaten Bintan, bernama Kijang.

Sampai di Kijang, kita akan melewati Gerbang Kota Tua Kijang yang tidak jauh dari Tugu Tanjak dan Adipura yang berdiri megah didepan Mesjid Raya Nurul Iman tersebut. Daerah itulah yang pernah menjadi pusat kejayaan ekonomi ketika era tambang bauksit Antam beroperasi. Beranjak dari Kijang, cukup menempuh sekitar 7 menit menuju Sungai Enam yang kesohor sebagai pusat kuliner otak-otak di Kabupaten Bintan yang kesohor hingga ke negeri jiran. 

Jika tidak yakin, cobalah datang disore hari ketika jam kantor atau kerja sudah pulang. Lapangan sepak bola yang berada persis di halaman Mesjid At Taqwa akan berubah menjadi lapangan parkir pengunjung dari berbagai daerah. Puluhan mobil dan sepeda motor berjejer-jejer memenuhi lapangan yang dipakai ketika turnamen aidil fitri. 

Otak-otak Sungai Enam memang terkenal kelezatannya, sehingga penikmat kuliner yang datang juga berasal dari luar Pulau Bintan, Sumatera hingga Singapura dan Malaysia. WartaKepri Walaupun bukan tujuan utamanya ke Sungai Enam, namun tak sah rasanya jika tidak membawa sanak saudara yang telah mengunjungi Bintan dan Tanjung Pinang mencicipi kelezatan otak-otaknya. 

Karena mashurnya kelezatan otak-otak Sungai Enam, saya hampir terkaget-kaget ketika saudara saya dari salah satu Kabupaten di Riau daratan baru mengunjungi Sungai Enam sekitar 3 bulan yang lalu bercerita tentang otak-otak Sungai Enam. Bagaimana mungkin?

Namun setelah mencoba otak-otaknya, memang patut dijadikan rekomendasi sebagai destinasi kuliner khas Bintan dan Tanjung Pinang ketika keluarga datang dari kampung yang jauh datang. Soal rasa jangan ditanya, sebut saja otak-otak Kak Ros, Otak-otak Mak Oteh, Otak-otak Kak Yana dan puluhan warung otak-otak lainnya selalu dikunjungi oleh para pecinta kuliner.

Otak-otaknya bermacam-macam, ada otak-otak tulang, otak-otak isi dan otak-otak sotong. Bukannya hanya sebagai destinasi, otak-otak ini bisa menjadi oleh-oleh ketika akan bepergian keluar kota. Dengan ramah, penjual otak-otak akan bertanya sejauh mana daerah yang akan kita kunjungi sehingga disesuaikan dengan pembakaran untuk mengurangi kadar air otak-otak supaya tahan lama diperjalanan. Kata penjual kadang mampu hingga dua hari. Ketika istri pulang diakhir tahun lalu, otak-otak yang dibawanya tahan hingga 1 minggu karena dimasukkan dalam lemarin pendingin. 

Bukan hanya itu saja, pecinta kuliner sangat cocok mengunjungi Sungai Enam, karena kita juga akan menemukan roti bangkit dan kerupuk opak khas Sungai Enam dengan masyarakat kampung melayunya yang ramah. Jika para pecinta kuliner otak-otak berkunjung hingga waktu senja, sholat maghrib di Masjid At Taqwa akan menjadi pilihan yang tepat dan khusu’ dengan pekikan muadzin melayu yang mendayu-dayu. Sungguh akhir pekan yang mengesankan.(*)

Tulisan: Haris Daulay 

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39


DEWAN PERS WARTAKEPRI Harris Hotel

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA