Akari Kepri Wakili Indonesia dalam Chingay Festival 2018 di Singapura

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Kepri unjuk penampilan dalam Chingay Festival 2018 di F1 Pit Building Singapura.

Disana, Akari Kepri hadir mewakili Indonesia tampilkan performance fashion karnival seni budaya di hadapan ribuan pengunjung.

Menurut Ketua DPD Akari Kepri, Silvia Hilda Kusumaningtyas, festival tahunan yang digelar pemerintah Singapura itu digelar tanggal 22 hingga 24 Febuari 2018.

“Saat itu kita bekerjasama dengan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di Singapura. Mengangkat tema Sangsapurba dan Nusantara,” ujar Silvia, Sabtu (3/3).

Kata dia, RBI di Singapura ini dipimpin oleh Wahyuji Andayani. Beliau merupakan warga Batam yang juga pengurus di DPD Akari Kepri dan KBRI Singapura.

“Beliau juga yang memfasilitasi kegiatan Akari Kepri di festival ini,” jelas dia.

Silvia menyebut, Sangsapurba dan Nusantara ini adalah tema yang diusung untuk memperkenalkan wisata seni dan budaya Indonesia kepada turis mancanegara di Singapura.

Dia pun berharap melalui festival tersebut dapat lebih meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri, dan Batam khususnya. Sekaligus belajar untuk menggelar iven internasional.

“Semoga bisa mencapai target sasaran kunjungan turis mancanegara,” pintanya.

Selian itu, lanjut dia, juga mampu meningkatkan perekonomian melalui industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dan Kepri atau Batam bisa menjadi Carnival Island yaitu Destinasi Wisata Carnival Dunia nantinya,” tuntasnya.

Untuk diketahui, Chingay Festival di Singapura ini merupakan kegiatan tahunan yang memang digelar selama perayaan tahun baru Imlek.

Melalui acara menakjubkan ini, menyatukan berbagai orang dan pertunjukkan dari segenap spektrum budaya Singapura dan sama-sama dipestakan oleh etnis Tionghoa, Melayu, Indian, dan Eurasia.

Pawai yang meriah dan gegap gempita ini digagas lebih dari empat dekade lalu sebagai kompensasi bagi larangan menyalakan petasan, praktik tahun baru yang lazim dilakukan untuk mengusir roh jahat.

Saat ini, Chingay Festival merupakan pertunjukan jalanan dan pawai kendaraan hias terakbar di Asia dengan perayaan gemerlap yang melintasi pusat pemukiman negara Singapura. (icm)

Videonya:

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI

Berita Terkait