sony_lens_main

Beberapa Tips Dalam Pengambilan Foto Blue Blood Moon

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39

Fenomena langka super blue blood moon yang akan terjadi malam ini dinantikan tidak hanya oleh pakar astronomi tetapi juga masyarakat umum di penjuru dunia. Ingin mengabadikan kejadian luar biasa ini dengan foto.

Peluang terbaik Anda adalah menggunakan kamera SLR digital. Smartphone yang Anda miliki mungkin bisa menghasilkan foto, namun gambarnya tidak akan begitu mencolok.

Kamera SLR digital dengan lensa yang tepat, dinilai melakukan zooming lebih baik terhadap bulan. Namun, jika Anda memang memiliki waktu mendapatkan beberapa aksesoris pendukung smartphone, Anda akan memiliki peluang lebih baik menghasilkan foto berkualitas.

Dilansir dari laman USA Today, Rabu (31/1/2018), berikut tip mendapatkan foto terbaik fenomena alam tersebut malam ini.

Kamera dan lensa

Selain kamera DSLR (Digital Single Lens Reflector) – model apa pun, mulai dari tingkat pemula seperti seri Canon Rebel, Nikon D3300, atau Sony A, dan yang lebih tinggi – Anda memerlukan lensa tele (telephoto). Semakin panjang perangkat ini, semakin baik hasil yang dapat diperoleh.

Banyak fotografer memiliki zoom pendek, yang memberi mulai dari angle lebar 24 mm hingga tele 100 mm. Ini memang bagus untuk fotografi sehari-hari, tapi tidak untuk zooming pada benda langit yang mengorbit 238.900 mil dari bumi.

Untuk itu, Anda memerlukan lensa yang besar dan lebih panjang di kisaran 400 mm, 500 mm, atau 600 mm. Ukuran inilah yang digunakan para profesional untuk menangkap tiap pergerakan dalam olahraga.

Jika Anda memiliki akses ke tele-converter, Anda bisa memasangnya ke bagian belakang lensa Anda. Langkah ini menggandakan panjang fokus secara efektif dan membuat Anda sedikit lebih dekat ke langkah selanjutnya.

Selain lensa, tripod adalah suatu keharusan untuk menjaga agar kamera tetap stabil. Anda bisa membeli model murah tripod malam ini di toko-toko kamera.

Jika Anda memiliki akses terhadap shutter release, maka ini adalah aksesori yang juga patut dimiliki malam ini. Shutter release memungkinkan Anda membuka shutter untuk eksposur yang lebih lama dari rentang normal dan memberi lebih banyak penampakan cahaya dan bintang.

Smartphone

Anda memang bisa menggunakan fitur zoom pada smartphone Anda, tapi sebenarnya tidak juga. Zoom ‘digital’ pada kenyataannya hanyalah potongan hasil gambar Anda, dan bahkan dengan ini, bulan masih akan terlihat kecil di smartphone Anda.

Meski tidak sebaik hasil yang diperoleh dari kamera DSLR dengan lensa besarnya, namun lensa telephoto aksesori Olloclip akan membawa Anda sedikit lebih dekat jika digunakan pada iPhone. Sama halnya dengan lensa Moment untuk seri Samsung Galaxy.

Olloclip memberi 2X zoom, jadi jika Anda menempatkannya pada iPhone 7 Plus, 8 Plus, atau iPhone X, yang memiliki dua kamera, pada lensa potret 50 mm sekunder, kamera ini bisa memberikan 100 mm.

Kebanyakan fotografer DSLR akan membawa lensa 400mm dan 600mm malam nanti, jadi meskipun smartphone bisa membuat Anda sedikit lebih dekat dengan gambar bulan, pengambilan foto Anda akan tetap pucat.

Time Lapse

Tip terbaik untuk digunakan pada smartphone adalah membuat time lapse. Karena bulan akan terlihat kecil pada foto smartphone, Anda masih bisa menyajikan gambar bagus tentang apa yang terjadi dengan membuat video time lapse, dan menyaksikan bulan semakin cerah dan cerah, selama periode terkompresi.

Untuk membuat video time lapse, Anda hanya memerlukan tripod dan adaptor smartphone agar kompatibel dengan unit di atas tripod. iPhone memiliki mode kamera khusus untuk membuat time lapse, sedangkan ponsel Samsung Galaxy memiliki fitur ‘Hyperlapse’.

Aturan dasar langkah ini adalah semakin lama, semakin baik. Rekaman selama 2 detik dari time lapse hanya akan memberi Anda rekaman beberapa detik. Rekaman satu jam pada iPhone, misalnya, Anda akan mendapat rekaman kurang dari satu menit, tergantung pada tingkat frame yang dipilih dan model ponsel.

Namun, time lapse selama 60 detik bukanlah waktu yang singkat, bahkan sebenarnya panjang dalam internet sharing time dan memberi banyak waktu untuk menceritakan kisah Anda. Anda akan menyaksikan langit menyala bersinarkan cahaya bulan dengan cara yang tidak biasa Anda lihat sehari-hari.

Sumber : bisnis.com

Foto       : Istimewa/net

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39


DEWAN PERS WARTAKEPRI Harris Hotel

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA