Keripik Ubi Gurih (Crisvia)

Makanan Olahan Ubi Bisa Memiliki Omset Rp 10 Jutaan

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39

WARTA KEPRI .co.id, BATAM – Siapa sangka dari bahan ubi ini, wanita yang wirausaha akhirnya sukses dalam bisnisnya.

Mungkin dahulu banyak orang yang memandang ubi merupakan makanan orang kampung, tetapi tidak demikian untuk sekarang. Dimana ubi malah kebanyakan yang menyukai adalah orang kota yang notabene hidup modern.

Ibu Elvi Sumarni berbagai macam olahan diciptakannya, ia merupakan warga Jl Musi , Kp. Purwodadi, RT 002, RW III , Kel Sei Lekop, Kec Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

Makanan olahan keripik ubi gurih dimana produknya dinamai crisvia itu laku keras di pasaran, wanita 45 tahun itu mampu meraup omzet tak kurang dari Rp 10 juta per bulan dari berbagai jenis penjualan makanan olahan ubi tersebut.

Saat ditemui Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi, Senin pagi (22/1/2018) Ibu Elvi Sumarni menuturkan jika bisnisnya sudah dimulai sejak tiga yang tahun lalu.

Ibu Elvi, menceritakan, ketika itu dia merasa prihatin terhadap petani ubi yang ada di sekitar tempat tinggalnya, meski bertahun-tahun menanam ubi petani tidak pernah menikmati hasilnya. Ini dikarenakan harga jual ubi yang sangat murah.

” Saya berpikir bagaimana ubi yang sudah ditanam, bisa terjual dengan harga yang wajar ” ujarnya.

Dirinya mengaku, bahwa ketika pertama kali membuat olahan ubi, dia tidak langsung menjualnya, tetapi ditawarkan produk buatannya itu kepada tetangga dan belakangan ke Ketua RT, RW, Lurah, dan Camat.

Nah, dari situlah produknya mulai dikenal dan disukai banyak orang, bahkan untuk sekarang sudah memiliki langganan tetap yang berasal dari Kota Batam, Singapura, dan Malaysia.

“Dulu pertama kali merintis hanya berdua suami, tetapi sekarang saya sudah memiliki kariyawan 4 orang,” tuturnya.

Diterangkannya, sekarang telah membentuk Kube dengan nama Mekar Sari.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Ibu Hj Deby Apri Sujadi, mengatakan, derasnya arus globalisasi pergantian zaman , saat ini para wanita harus berperan aktif dalam membantu pendapatan ekonomi keluarga.

Oleh karena hal tersebut, program KUBE sangat bermanfaat bagi para wanita yang ingin mulai mengembangkan usahanya dari rumah untuk tambahan ekonomi keluarga. Menurutnya, beragam jenis kegiatan KUBE yang dapat didirikan oleh kaum wanita dari rumah, mulai dari kegiatan perdagangan (makanan ringan maupun olahan), ataupun program kerajinan tangan (seperti sulam, border, maupn aksesoris).

” Melalui Dekranasda Kabupaten Bintan kita selalu memberikan bimbingan dan arahan, bahwa banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah untuk kaum ibu-ibu. Bahkan olahan ubi tidak saja bisa dibuat olahan keripik , namun bisa juga dibuat menjadi tepung. Dekranasda Kabupaten Bintan juga siap membantu dalam pengembangan usaha, baik itu dalam bentuk program, seminar, pelatihan atau sejenisnya ” tutupnya.

Mekar Sari Snack memiliki beberapa varian panganan olahan ubi yang bisa dipesan melalui aplikasi WhatsApp dengan contact person Ibu Elvi Sumarni, nomer Hp 085264190236. Beberapa olahan panganan ubi yang dikemas menarik antara lain Keripik Ubi Gurih (Crisvia) , Opak Mentah, Kue Cakar Ayam, Keripik Pisang, Rengginang, Menggleng Pedas Manis, dan juga Keripik Singkong Pedas.

Sumber : Humas Bintan

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39


DEWAN PERS WARTAKEPRI Harris Hotel

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA