Tanah Longsor di Jalan Bukit Padi Anambas Berasal dari Proyek Perumahan

Banyak Pengedara Motor Tergelincir Akibat Jalan Berlumpur di Desa Bukit Padi Jemaja Anambas
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Kerusakan jalan di daerah Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur bukan karena bencana alam maupun dampak dari ketahanan fisik.

Melainkan karena adanya tumpukan tanah yang berasal dari proyek perumahan daerah terpencil milik Pemerintah Provinsi Kepri mengalami longsor akibat hujan deras. Sehingga tanah tersebut terbawa turun ke jalan.

“Rusaknya karena tumpukan tanah dari proyek perumahan turun kebawah, yang salah itu proyek perumahannya, bukan Dinas PU atau jalannya,” ujar Kabid Bina Marga Dinas PU Anambas, Khairul Anwar, Jumat (29/12/2017).

Jika hal seperti itu semuanya dibebankan kepada Dinas PU, maka anggaran pemeliharaan yang sudah ada peruntukkannya tidak terpenuhi dan tidak tepat sasaran. Jika dikaji ulang, anggaran pematangan proyek itu bisa dibelikan tanah yang datar. Tapi kenapa harus memilih tanah yang berbukit.

“Jadi menurut saya, itu salah di perencanaannya,” sebut Khairul.

Apabila dibebankan semua ke Dinas PU, sambung dia, anggarannya diambil dari mana. Khairul juga mengaku kalau instansi tempat dia bertugas itu selalu kekurangan anggaran.

“Kita harus saling kerjasama. Baik itu kecamatan, kelurahan maupun desa agar seiring sejalan dalam mensukseskan pembangunan daerah,” pungkasnya. (mad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG