KIM Harus Aktif Sajikan Informasi yang Ril dan Akurat

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Agar masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif dalam membantu meningkatkan kesejahteraan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diharapkan aktif mendistribusikan suatu informasi kepada publik.

Selain transparan, tentunya informasi yang disajikan KIM ini benar-benar ril dan dapat diandalkan akurasinya.

Hal ini disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Hardinansyah dalam kata sambutannya sekaligus membuka secara resmi Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ranai, Selasa (5/12/2017).

Pada acara yang strategis ini, sambung Hardinansyah, diharapkan KIM mampu berperan menjadi mediator untuk menjembatani informasi dan komunikasi yang kerap terjadi antara pemerintah dengan masyarakat, ataupun antara masyarakat dan pemerintah.

“Dikemukakan informasi menjadi “barang” yang paling berharga saat ini, dan menjadi “alat” untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata dia.

Untuk memperoleh dan mengelola informasi, butuh partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri. Diperlukan adanya pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan paradigma komunikasi dengan masyarakat bukan lagi komunikasi untuk masyarakat.

Sebab, meski perkembangan media massa sangat beragam, namun belum semua masyarakat berkesempatan mengaksesnya karena sejumlah kendala. Misalnya karena alasan ekonomi, tempat tinggal dan hambatan lainnya.

Dengan adanya KIM ini, lanjut dia, pemerintah berharap dapat mengarahkan hobi atau kebiasaan masyarakat dalam menggunakan teknologi, khususnya smartphone atau handphone android untuk pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah, serta dapat membantu meluruskan informasi yang bersifat hoax (bohong, fitnah) yang selama ini banyak berkembang ditengah-tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Kabupaten Natuna, Raja Darmika, mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada peserta sosialisasi dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

Lebih lanjut dijelaskan dia, KIM merupakan suatu media paling efektif untuk penyebaran informasi di tengah masyarakat.

Tugas Diskominfo, yaitu membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan bidang komunikasi serta informatika.

“KIM adalah Kelompok yang dibentuk oleh serta dari masyarakat secara mandiri dan kreatif. Karena itu semangat membentuk KIM dan mengembangkannya inilah yang terus disuarakan oleh pemerintah sebagai mediasi efektif untuk menyalurkan informasi,” ucapnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat ikut serta secara aktif menyebarluaskan kebijakan pemerintah di daerah masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pengelola Informasi Komunikasi Publik, Wan Suhardi yang bertindak sebagai Ketua Panitia pelaksana kegiatan, dalam laporannya mengatakan bahwa KIM yang sudah terbentuk di Kabupaten Natuna ada 9 kelompok yang tersebar dibeberapa Kecamatan se-Kabupaten Natuna.

Namun karena keterbatasan anggaran, kata dia, hanya 4 (empat) kelompok KIM yang ada di Kecamatan terdekat di Ibukota Kabupaten ini saja yang diundang.

“Adapun ke 4 kelompok KIM tersebut yaitu, KIM Sahabat Senoa dari Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, KIM Ceruk dari Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, KIM Pasir Maros dari Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, dan KIM Klarik dari Kecamatan Bunguran Utara,” jelas dia.

Kegiatan ini, kata Wan Suhardi, diselenggarakan selama 1 hari, yaitu tanggal 05 Desember 2017 dari pagi hingga selesai dengan menggunakan anggaran dari APBD Tahun 2017.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisparbud) Natuna, H Erson Gempa Apriandi, Dirut RSUD Natuna dr Faisal, M.Kes, Kasi Program Subdit Kemitraan Lembaga Komunikasi Sosial, Sarjono, (Narasumber), Direktorat Kemitraan Komunikasi, Wiaji Cahyaningrum (Narasumber) dan para peserta. (Rikyrinovsky)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA