Halal bi Halal‎ untuk Pererat Silahturahmi Ikatan Keluarga Bungguran Barat Natuna

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Meningkatkan silaturahmi setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1438 hijriah selama sebulan serta melaksanakan Hari Kemenangan Idul Fitri, Pengurus Ikatan Keluarga Bunguran Barat (IKBB) Natuna Provinsi Kepri, Sabtu (15/7/2017) melaksanakan Halal Bi Halal.‎

Sebuah tradisi kreatif khas masyarakat Muslim Tanah Air, yaitu Halal bi Halal. Satu kebiasaan yang hanya ada di negeri kita indonesia.

Halal bi Halal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan. Saling memaafkan satu sama lain.Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan.

Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal-nya, membuat umat Islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi.

Pelaksanaan Halal Bi Halal yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Sri Serindit itu selain dihadiri Pengurus IKBB, juga undangan dari Forum Komunikasi Paguyuban Natuna tampak terlihat Paguyuban Sumbar,Tionghua, Batak, Jawa, kecamatan Serasan,Midai, Pulau Laut dan Subi, dan para tokoh Masyarakat Melayu bersama warga lainnya bersatu.

Ketua IKBB Wansofyan kepada Wartakepri.co.id usai acara Halal Bi Halal mengatakan, Pelaksanaan Halal Bi Halal dilaksanakan bertujuan mempererat silaturahmi antara Pengurus dan anggota serta keluarga besar Sedanau berada di Kota Ranai setelah melaksanakan ibadah puasa dan Idul fitri.

Dengan demikian makna ibadah puasa yang telah dilaksanakan selama sebulan dan meraih kemenangan pada Idul Fitri dapat di aplikasi sebagai nilai positif untuk meningkatkan rasa persaudaraan dalam kehidupan sehari-hari.

” Makna ibadah puasa yang telah dilaksanakan selama sebulan dan meraih kemenangan pada idul fitri hendaknya dapat diaplikasi sebagai nilai positif dalam meningkatkan rasa persaudaraan dan ukhuwah islamiyah dari kehidupan keseharian yang dikmanai di dalam Halal Bi Halal ini,” ungkap Wansofyan.

Melalui Halal Bi Halal kata Wansofyan akan lebih meningkatkan serta memupuk rasa persaudaraan, kebersamaan juga persatuan demi menjaga Natuna ke arah lebih baik lagi dengan mengisi pembangunan.

Karena dengan nilai ibadah puasa yang telah dilaksanakan akan menimbulkan rasa kesadaran akan pentingnya ukhuwah islamiyah dalam satu aqidah untuk menjalankan layanan keummatan.

Pelaksanaan Halal bi halal tersebut diawali dengan sambutan Ketua Panitia Dardani Zulman serta Hikmah Halal Bi Halal disampaikan oleh Ustad Mulyono. Dipadukan dengan Hiburan Organ tunggal ditambah tari persembahan dan Marawis.

Tampak berbeda pada Gowai Beso dalam bahasa Melayu artinya Acara besar IKBB Natuna tampak terdengar Syair Suluk lantunkan oleh Jabaruddin tokoh pendidik serta budayawan Natuna Demikian bunyi sebagian suluk yang diiramakan.

” Sdar diri penuh maksiat. Halal bi Halal menggiring kita untuk kembali ke kampung halaman yang sesungguhnya. Kembali kepada ampunan Allah yang sangat luas. Itulah makna hakiki dari kalimat Minal A`idhin wal Faizin artinya “Semoga kita kembali kepada fitrah dan menang melawan hawa nafsu.

” Kembali kepada jati diri yang suci bak bayi yang lahir ke muka bumi. Bersih, bening dan penuh ketulusan hati.”

Selama suluk dibawakan, seluruh hadirin tampak hikmat mendengarkan. Hening suara, yang terdengar hanya irama pengiring suluk.lanjutkan Makan bersama duduk bersila menyantap menu nasi Dagang khas Melayu.(*)
Tulisan : ‎Rikyrinovsky.

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 39


DEWAN PERS WARTAKEPRI Harris Hotel

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA